Forum Ekspor; Upaya Tingkatkan Ekspor Nasional

Forum Ekspor; Upaya Tingkatkan Ekspor Nasional

Jakarta, Kabarindo- Menteri Perdagangan RI Gita Wirjawan, didampingi Menteri Perindustrian M.S. Hidayat dan Kepala BKPM yang diwakili oleh Deputi Pengendalian Pelaksanaan BKPM Azhar Lubis, menjadi pembicara utama di dalam Forum Ekspor yang dilaksanakan kemarin  (27/8), di Hotel Gran Melia, Jakarta.

Forum Ekspor yang mengangkat tema 'Peningkatan Ekspor Melalui Diversifikasi dan Peningkatan Daya Saing Nasional' ini bertujuan untuk mengembangkan pola kemitraan dalam rangka peningkatan daya saing dan nilai tambah ekspor dan menyusun rekomendasi untuk penyelesaian permasalahan ekspor.

Dalam paparannya, Mendag menjelaskan bahwa kondisi ekonomi global saat ini terus menekan kinerja ekspor nasional. "Oleh karena itu, diperlukan strategi peningkatan daya saing dengan mendorong hilirisasi produk dan diversifikasi pasar tujuan ekspor”, imbuhnya.

Menurut Mendag, ekonomi global yang masih tidak menentu dan masih banyaknya kendala serta hambatan yang dihadapi dunia usaha di dalam negeri mengharuskan pemerintah mengambil langkah-langkah kebijakan strategis melalui peningkatan Domestic Competitiveness, diantaranya melalui kebijakan hilirisasi dan pengembangan industri dalam negeri yang berorientasi ekspor, peningkatan efektifitas pengawasan dan infrastruktur perdagangan dengan memanfaatkan instrumen Trade Remedies (anti dumping, safeguard, subsidi), serta peningkatan efektifitas kerjasama internasional dengan memainkan peran penting dalam percaturan perekonomian dunia.

Pada kesempatan yang sama juga diselenggarakan Forum Bisnis yang diharapkan dapat memberikan jawaban dan solusi terhadap pertanyaan atau kendala dan hambatan yang dihadapi oleh dunia usaha.

Forum Ekspor kali ini dihadiri oleh sekitar 300 undangan yang terdiri dari kalangan Instansi Pemerintah, Pelaku Usaha dan Asosiasi, serta Media Massa. Selanjutnya, Forum Ekspor ke-2 akan dilaksanakan di Semarang pada bulan September 2013 mendatang.