Film Tabula Rasa; Hadir Di Shanghai International Film Festival 2015

Film Tabula Rasa; Hadir Di Shanghai International Film Festival 2015

Jakarta, Kabarindo- Dari rilis yang diterima redaksi tadi malam.

Setelah menyambangi bioskop nasional pada bulan September lalu, Tabula Rasa, yang adalah film produksi Lifelike Pictures, kini menghampiri Cina dalam perhelatan Shanghai International Film Festival.

Tergabung dalam kategori Panorama, penayangan Tabula Rasa pada tanggal 18 Juni dihadiri sutradara Adriyanto Dewo dan produser Sheila Timothy.

Penonton dari mancanegara yang hadir di Yonghua Cinema City mengikuti perjalanan Hans, seorang pemuda dari Serui, Papua yang datang ke Jakarta untuk menjadi pesepak bola profesional.

Namun nasib berkata lain dan mempertemukan Hans dengan Mak, seorang pemilik lapau sederhana. Melalui makanan dan masakan, Hans kembali menemukan semangat hidupnya.

Seusai pemutaran, ditemani dengan seorang moderator dan penerjemah, Adri menjelaskan mengenai tema makanan dalam film Tabula Rasa, keberagaman negara Indonesia yang kaya dengan berbagai suku dan kuliner, dan seorang penonton pun melemparkan pertanyaan mengenai makna dari judul Tabula Rasa sendiri, yang dengan apik diterjemahkan ke dalam bahasa Mandarin menjadi Bai Ban yang memiliki arti ‘papan kosong’, seperti teori John Locke yang berarti semua orang mempunyai kesempatan untuk memulai kembali tanpa adanya prasangka.

Shanghai International Film Festival (SIFF) adalah satu-satunya festival film di Cina yang terakreditasi oleh International Federation of Film Producers Association. Setiap tahunnya festival ini selalu dihadiri oleh para bintang internasional seperti Nicole Kidman, Natalie Portman dan Hugh Grant. Memasuki tahunnya yang ke-18, festival paling bergengsi se-Cina ini hadir dengan skala yang lebih besar, mengadakan hampir 900 penayangan di 35 bioskop. Tabula Rasa adalah satu dari empat film Indonesia yang ikut serta dalam Shanghai International Film Festival tahun ini.