Film Sully, Siap Tayang BESOK

Film Sully, Siap Tayang BESOK

Imax Gancit, Jakarta, Kabarindo- Anda tentu masih ingat dengan AMERICAN SNIPER, yang disutradarai oleh Clint Eastwood, kini berlatar nasionalis yang sangat kental mengangkat cerita tentang Captain Chesley “Sully”.

Tidak hanya pendaratan air yang dramatis dari US Airways sehingga Captain Chesley 'Sully' dipuja puji laiknya pahlawan tapi juga Ethiopian Airlines tahu 1996, China Airlines dan Japan Airlines.

Sejarah, telah menorehkan tintanya 15 Januari 2009 lalu, pesawat US Airways penerbangan 1549 jenis Airbus A320 mendarat darurat di Sungai Hudson di antara Kota New York dan New Jersey. Penyebabnya, pesawat ini bertabrakan dengan kawanan burung saat baru lepas landas.

Mesin pesawat rusak gara-gara burung dan sang pilot dengan gagah berani mendaratkan pesawat di tengah sungai. Dikutip dari The New York Times, 155 penumpang dan kru pesawat selamat. Pilot Chesley B Sullenberger dipuji atas keputusan cepatnya untuk mendarat air. yang akhirnya menyelamatkan banyak orang.

Nah, Garuda Indonesia yang justeru lebih lama, kalau peristiwa Sully yang diperankan oleh aktor watak Tom Hanks sudah memasuki tahun ke-7 namun untuk Captain Abdul Rozak tak terasa sudah 14 tahun, tepatnya 16 Januari 2002, pesawat Garuda Indonesia penerbangan GA 421 jenis Boeing 737 dengan rute Mataram-Yogyakarta, mendarat darurat di Sungai Bengawan Solo. Dari AirDisaster.com, disebutkan saat itu pesawat menghadapi cuaca buruk dan mesin pesawat mati.

Nasib penumpang ada di tangan pilot Abdul Rozak. Dia mencoba menyalakan mesin beberapa kali tetapi gagal. Dia akhirnya mengambil keputusan yang berani dengan mendaratkan pesawat di Sungai Bengawan Solo, Desa Serenan, Klaten. 60 Penumpang pesawat selamat, tapi ada satu pramugari meninggal dunia.

Redaksi menyaksikannya untuk pertama kali sebelum BESOK ditonton oleh Anda bersama dengan para pilot Garuda Indonesia yang mengacungi jempol akan film ini yang mengingatkan dengan pahlawan Merah Putih, pilot Abdul Rozak yang masih sehat dan masih bertugas sampai hari ini.

Amerika punya Captain Sully dan Indonesia dengan diameter Sungai Begawan Solo yang lebih kecil bangga dengan Captain Abdul Rozak yang berhasil mendaratkan pesawatnya di atas air sebagai bagian dari 5 peristiwa besar pendaratan di atas air di dunia.

Yah, film ini tidak hanya menarik karena ditonton dengan layar dan teknologi Imax juga jalinan cerita serta editan yang paripurna menyebabkan Anda tersedot masuk dalam lakon cerita.


Yuk Nonton !