Festival Teater Jakarta; Siap Di Gelar Mulai 1 Desember

Festival Teater Jakarta; Siap Di Gelar Mulai 1 Desember

Jakarta, Kabarindo- Dunia teater terus berkembang di Indonesia.

Hal itu terlihat dengan semakin banyaknya jadwal pertunjukan teater di sejumlah pusat kebudayaan. Contohnya, teater berjudul “IBU” yang baru saja selesai dipentaskan oleh Teater Koma beberapa hari lalu di Graha Bhakti Budaya, TIM.

Berangkat dari Kota Jakarta, sebagai satu-satunya kota di Indonesia yang mengurus dunia perteaterannya dengan serius dan terpola.

Hal ini dapat dilihat tidak saja dari infrastruktur yang cukup representatif, sehingga pertunjukan-pertunjukan bertaraf internasional dapat diselenggarakan di Jakarta, tetapi juga adanya pola pembinaan dan pengembangan kelompok-kelompok teater amatir yang berjalan sistematis dan berkesinambungan.

Dalam pola pembinaan kelompok teater amatir tidak saja berupa kesempatan untuk pentas di gedung-gedung pertunjukan yang mempunyai kelengkapan dasar kebutuhan panggung, pun diselenggarakannya workshop, diskusi, penyediaan materi literatur sebagai referensi, kesempatan menonton pertunjukan dari kelompok-kelompok teater profesional.

Dalam melaksanakan pola pembinaan perteateran Komite Teater Dewan Kesenian Jakarta bekerja bersama-sama dengan asosiasi-asosiasi teater di lima wilayah DKI Jakarta dan didukung oleh pihak pemerintah provinsi DKI Jakarta dalam hal ini Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta menggelar Festival Teater Jakarta. Tak terasa program berjenjang ini sudah memasuki penyelenggaraan yang ke 41 tahun.

Program yang diikuti oleh kelompok teater se-Jakarta ini mengusung tema “Membaca Aku, Membaca Laku” dengan sub tema “membaca Teks”. Acara ini bertujuan untuk membaca perkembangan peta perteateran amatir di Jakarta, agar sebuah konsep yang lebih matang dapat dibuat secara bersama oleh berbagai pihak yang terlibat.

Ada 18 grup teater yang akan menjadi peserta lomba FTJ tahun ini. Mereka diwajibkan membawakan naskah pengarang asli Indonesia atau karya mereka sendiri. Selain program lomba adanya program pendamping lain seperti Diskusi Pertunjukan, Peluncuran buku terjemahan, Pemutaran serta Diskusi Dokumentasi Video Karya Perempuan Indonesia, Workshop Kritik Teater, Koran FTJ dan Warung FTJ, serta Malam Pemberian Hadiah turut memperkaya rangkaian pada program Festival Teater Jakarta 2013.

Festival Teater Jakarta ini akan dibuka pada Minggu, 1 Desember 2013. Pada 2-10 Desember 2013 menjadi hari penyelenggaraan lomba dan kegiatan-kegiatan lainnya dan penutupan serta pengumuman pemenang lomba diadakan pada 11 Desember 2013. Tempat pelaksanaan acara di Teater Studio, Taman Ismail Marzuki.


Dont Miss It................!