Festival Jakarta Great Sale (FJGS) 2015; Dimulai

Festival Jakarta Great Sale (FJGS) 2015; Dimulai

Jakarta, Kabarindo- DKI di tahun 2015 ini mengambil tema ‘Smart City, Smart Shopping’ telah resmi dimulai sejak 6 Juni kemarin sampai 12 Juli 2015.

Demi menarik lebih banyak minat turis asing khusus datang ke Ibu Kota untuk berbelanja, Gubernur Provinsi DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama meminta pemerintah pusat membebaskan pajak pertambahan nilai (PPN) dan berbagai pajak lain yang harus dibayarkan oleh pembeli.

“Saya kira ke depan akan banyak turis datang ke Jakarta selama perayaan ulang tahun Jakarta, terutama untuk menikmati diskon yang besar sepanjang tahun. Kami akan meminta pemerintah pusat membebaskan pajak bagi wisatawan yang berbelanja,” kata pria yang kerap disapa Ahok di Jakarta, Minggu (7/6).

Menurut Ahok, pembebasan pajak bagi para pembeli barang di pusat-pusat perbelanjaan yang mendukung penyelenggaraan FJGS tidak akan merugikan pemerintah. Semakin murah harga barang yang bisa dibeli masyarakat tanpa dikenakannya pajak, hal itu menurutnya justru akan meningkatkan perputaran uang di masyarakat, toko, sampai ke produsen barang tersebut.

“Biar saja pemerintah keluar uang berapa triliun untuk mendukung FJGS ini, untuk bangun bandara, fasilitas kereta, pajak. Tapi yang penting masyarakt memiliki penghasilan baik,” katanya.

Sementara itu, Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DPD DKI Jakarta Ellen Hidayat menargetkan dalam penyelenggaraan FJGS tahun ini, sebanyak 78 mal dan pusat perbelanjaan di Ibu Kota akan kedatangan tambahan pengunjung sebanyak 30-40 persen.

"Kami optimis untuk dapat mencapai target kurang lebih Rp 14,3 Triliun selama FJGS berlangsung," ujar Ellen seperti dilansir dari laman cnnindonesia.