Festival Film Pendek Pemuda Kreatif Indonesia 2016; Siap Jadi Agenda Tahunan Kemenpora

Festival Film Pendek Pemuda Kreatif Indonesia 2016; Siap Jadi Agenda Tahunan Kemenpora

Wisma Kemenpora RI, Senayan, Jakarta, Kabarindo- Hari ini untuk banyak pelajar dan pecinta film pendek menjadi momentum bersejarah karena sudah ada 10 film pendek terpilih dari 170-an film yang diterima oleh panitia.

Acara yang bertajuk Festival Film Pendek Pemuda Kreatif Indonesia 2016, tadi siang sukses memilih dan langsung diuji publik bersama para dewan juri yaitu Dr. Ir. Eny Budi Sri Haryani, M.Si. (Asisten Deputi Peningkatan Kreativitas Pemuda dan Olahraga ), Sentot Sahid (Editor Senior, Akademisi), Happy Salma (Artis, Sutradara, Pemain Teater dan Penulis), Swasti Astra (Metro TV) dan Yandy Laurens (Sutradara).

Tidak hanya Kemenpora tapi juga menggandeng Pusbang Film Kemendikbud dan Bekraf RI yang saat pembukaan bersama dengan ratusan pelajar dari DKI Jakarta dan Bogor juga dihadiri oleh Kapusbang Film, Maman Wijaya.

Para dewan juri bersama dengan redaksi menyaksikan bersama-sama 10 film yang akan dipilih 5 Film terbaik dan akan diumumkan Selasa pekan depan, 01 November.

Film-film tersebut itu adalah:

1. I Love Me karya sutradara Riska Talitha (Jakarta)
2. Indigo karya sutradara Fajar Arrachman (Jakarta)
3. Ini Tanah Kami karya sutradara Hang Kafrawi (Pekanbaru)
4. Kesusu karya sutradara Wahyu Okta Nahendra (Yogyakarta)
5. Layang-Layang Waktu karya sutradara Rifa'i Setya Aji P (Yogyakarta)
6. Narasi Sesepuh karya sutradara Nahemia Pareang (Jakarta)
7. Pelipur Lara karya sutradara Jehan Fransisca (Puwakarta)
8. Pos Kamling karya sutradara Bagus Sabda Nur Huda (Malang)
9. Setetes Koin karya sutradara Rizki Kurniawan (Sidoarjo)
10. Unjukan karya sutradara M.Alvin Rahmatullah

5 Film pendek akan terpilih untuk menjadi yang • Best Movie • Best Inspiration • Best Director • Best Actor • Spesial Choice



Dijelaskan oleh Ancu Syamsul sebagai panitia pelaksana bahwa tahapan awal adalah dengan sosialisasi melalui teaser dan jaringan sosial media melalui Facebook, Instragram, dan Tweeter. Termasuk sosialisasi ke pelajar, mahasiswa dan komunitas film di seluruh Indonesia. Pada 17 Agustus 2016, dibuka pendaftaran melalui mekanisme online. Peserta mendapatkan formulir dan informasi lengkap melalui facebook Ffppki, baik kriteria tekhnis maupun tema.


Disingkat Ffppki tahun ini mengambil tema: “Pemuda Kreatif Indonesia Menjawab Tantangan Global”
sub tema peran pemuda sebagai:
• Kekuatan Moral
• Kontrol Sosial
• Agen Perubahan
Pendaftaran film dibuka pada 17 Agustus 2016 sampai 20 Oktober 2016. Genre Film yang dilombakan adalah Fiksi dengan durasi 5 – 15 menit.

Peserta adalah Pemuda-Pemudi dengan batas usia 16 – 30 tahun. Film dibuat dengan teknologi digital, peralatan bebas, adapun hasil akhir disarankan dengan format Mpeg 4 (MP4). Peserta yang telah mendownload formulir melalui FB Ffppki akan mengupload karya melalui youtube, lalu mengirimkan link Youtube tersebut melalui email panitia festivalfilmpemudaindonesia@gmail.com. Setiap karya yang terdaftar akan mendapatkan konfrimasi dari panitia Jumlah peserta yang terdaftar dan memenuhi persyaratan administrasi sebanyak 117 (seratus tujuh belas) Film dari berbagai provinsi di seluruh Indonesia.

Team seleksi awal adalah M. Fazrie Permana, S. Sn. (Ketua Tim Kurasi) Syamsul Ma’arif , M.Sn. (Anggota) Ony Wahyu Pahlevi, S.Sn. (Anggota) Dari proses kurasi team seleksi memutuskan nominasi 10 besar yang tercantum di atas.

"Rencananya memang acara ini akan menjadi agenda tahunan dan kami akan buat yang lebih besar lagi dengan daerah-daerah yang diperluas, kalau perlu berdasarkan wilayah jadi semua terjangkau. Pemuda kreatif yang membuat film, tidak hanya dari kamera profesional tapi juga dari hapenya yang memang sudah canggih sangat memungkinkan sehingga tidak menutup kemungkinan film tersebut kami beli atau diupload ke youtube sehingga bisa ditonton jutaan orang," papar Dr. Ir. Eny Budi Sri Haryani, M.Si sebagai Asisten Deputi Peningkatan Kreativitas Pemuda dan Olahraga sesaat sebelum workshop dimulai.