Express; Raih Predikat The Best in Inclusive Strategy

Express; Raih Predikat The Best in Inclusive Strategy

Jakarta, Kabarindo– Di tengah persaingan industri jasa transportasi yang semakin kompetitif, PT Express Transindo Utama, Tbk (Express Group) kembali mengukir prestasi dengan meraih penghargaan Strategy-into-Performance Execution Excellence (SPEx2) 2013 dalam kategori The Best in Inclusive Strategy.

Express Group dipilih karena dianggap unggul dalam merumuskan dan mengeksekusi strategi perusahaan menjadi kinerja yang tangguh dan juga memberi nilai kepada para pemangku kepentingan.

Seremoni penghargaan diadakan dalam acara 3rd Annual SPEx2 Award and Forum 2013 dengan tajuk “Integrating Change into Strategy, Process and Performance Management” yang dilangsungkan di Ballroom Hotel Mulia, Jakarta pada Senin (25/11). Penghargaan diserahkan oleh Suwardi Luis, CEO GML Consulting dan Hendra Noor Saleh, Group Publisher Kompas Gramedia kepada Hestri Setyaningsih, General Manager Human Resources & General Affairs Express Group.

“Penghargaan ini membanggakan, kami dipilih sebagai salah satu yang terbaik. Ini adalah hasil kerja bersama yang sangat baik. Karena untuk membuat dan mengimplementasikan strategi ini tentu adalah keterlibatan semua pihak. Dengan strategi matang yang dilanjutkan oleh pengkomunikasian dan pengelolaan eksekusi yang baik, maka perusahaan juga memperoleh kinerja yang memuaskan semua stakeholders,” kata Hestri.

SPEx2 Award merupakan ajang penghargaan yang diadakan oleh GML Performance Consulting dengan Majalah Fortune Indonesia. Proses penilaian melibatkan juri senior dari akademisi, praktisi bisnis, konsultan dan jurnalis. Pemilihan meliputi dua fase penilaian, yaitu pencapaian business results melalui survei oleh konsultan riset independen dan pembuktian kemampuan di depan dewan juri.

Di fase penilaian pencapaian business results, konsultan riset independen melakukan survei persepsi kepada 400 responden yang mewakili para profesional dan investor saham. Para responden diminta untuk mengidentifikasi perusahaan-perusahaan yang dianggap berkinerja tinggi dari berbagai industri. Selanjutnya, setiap perusahaan yang telah diidentifikasi dinilai dengan atribut yang spesifik dari tiga dimensi, yaitu financial growth, customer dan great place to work.

Kemudian di fase pembuktian di depan dewan juri, perusahaan-perusahaan yang menempati urutan tertinggi dalam survei akan diundang untuk mengisi formulir persyaratan yang kemudian akan diseleksi lagi. Perusahaan-perusahaan yang terpilih lalu diundang untuk memberi paparan langsung kepada dewan juri.

Kriteria penjurian SPEx2 Award didasarkan pada kemampuan perusahaan dalam lima fase manajemen strategi: formulasi strategi, pemetaan strategi, penyelarasan strategi, eksekusi operasional, dan pemantauan dan penyelarasan kembali. Termasuk Express Group, terdapat sembilan perusahaan yang menjadi pemenang SPEx2 Award tahun ini.

“Terima kasih kepada semua pihak, Express Group juga akan terus menjalankan komitmen kami untuk selalu berorientasi kepada kepuasan seluruh stakeholders kami baik pelanggan, mitra pengemudi, karyawan dan investor,” Hestri.