Ekspedisi Marinir Menuju Puncak Pyramid Cartenz; Dimulai

Ekspedisi Marinir Menuju Puncak Pyramid Cartenz; Dimulai

Cilandak, Jakarta, Kabarindo- Dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia 1945, hari ini pukul 08.00 WIB, 8 Agustus 2015 di Markas Korps Marinir TNI AL Cilandak, Jakarta.

Diselenggarakan pelepasan Tim Exspedisi Marinir TNI AL yang akan melakukan perjalanan pendakian ke Puncak Pyramid Cartenz.

Upacara Pelepasan dilakukan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Dr.Indroyono Soesilo dan didampingi Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Ade Supandi, S.E serta Komandan Korps Marinir Mayjen TNI (Mar) Buyung Lalana.

Selaku Inspektur Upacara dalam acara pelepasan hal tersebut, Menko Bidang Kemaritiman, Dr.Indroyono Soesilo mengatakan bahwa dengan semangat yang tinggi dalam menyambut HUT R.I ke 70 ini, kita perlu terus meningkatkan rasa cinta tanah air dan kegiatan ini mendorong kecintaan kita terhadap alam bahari Indonesia yang harus kita jaga dan lestarikan, dan ini juga untuk mendukung program kemaritiman di wilayah Republik Indonesia, katanya pada pidato pelepasan di Lapangan Apel Hartono Marinir Cilandak, Jakarta Selatan.

Ekspedisi Marinir ke Puncak Pyramid Cartenz merupakan rangkaian kegiatan Korps Marinir TNI AL dalam menyambut HUT RI, dimana ekspedisi ini akan dilakukan pengibaran bendera Merah Putih di Puncak Cartenz, Papua.

Perjalanan ekspedisi ini akan dimulai pekan depan tanggal 9 Agustus 2015 dan diharapkan tepat pada HUT R.I ke 70, tanggal 17 Agustus 2015, Tim Ekspedisi bisa sampai ke Puncak Cartenz dengan selamat dan bendera Merah Putih dapat dibentangkan di puncak Jaya Papua pada moment yang bersejarah ini.

Selain membentangkan bendera, di puncak Pyramid Cartenz, Korps Marinir juga akan membentangkan spanduk yang bertemakan "Save Our Littorial Life (SOLL).

Adapun isi dari tulisan tersebut, mempunyai pesan dan ajakan kepada masyarakat untuk menyelematkan kehidupan pesisir dimana hal tersebut juga mendukung program pemerintah dalam mewujudkan "Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia".

Ekspedisi ini dipimpin oleh Letkol. Marinir Ferry Marpaung yang beranggotakan 19 personel Marinir, 10 personel Tramp Club diantaranya ada pendaki tuna daksa yakni Sabar Gorky dan ikut juga 4 personil MNC Group dan 2 personel Trans Media.

Sebagai informasi,  bahwa Puncak Jaya atau Pyramid Cartenz adalah puncak yang menjadi bagian dari Barisan Sudirman yang terdapat di Provinsi Papua, Indonesia dan memiliki ketinggian 4.884 m, yang sekitarnya terdapat gletser (padang salju). Puncak ini merupakan gunung tertinggi di Indonesia kawasan Oceania dan salah satu dari tujuh puncak tertinggi di dunia.

"Selamat menjalankan Ekspedisi kepada semua Tim, Sukses", tukas Menteri Kemaritiman menutup pidatonya.