Dubes Australia; Sambangi Indonesia Timur

Dubes Australia; Sambangi Indonesia Timur

Jakarta, Kabarindo- Duta Besar Australia untuk Indonesia, Greg Moriarty.

Ia mengawali kunjungan ke Indonesia Timur hari ini ke Makassar, Sulawesi Selatan. Kunjungan ini memperkukuh hubungan bersejarah yang penting antara Makassar dan Australia.
 
Dubes Moriarty akan bertemu dengan para tokoh pemerintah setempat, alumni Australia, dan menghadiri pagelaran oleh penyanyi Penduduk Asli Australia yang ternama, Gurrumul, yang melakukan pagelaran perdana di Makassar Jazz Festival.
 
“Pedagang dari Makassar melakukan kontak untuk kali pertama dengan Australia pada abad ke 17,” ujar Dubes Moriarty. “Kunjungan ini menghadirkan peluang untuk mengenang hubungan bersejarah ini dan memperdalam hubungan antar-warga kedua negara kita.”
 
Dubes Moriarty akan mengunjungi proyek hibah air minum yang didanai oleh Australia di Bantimurung, Sulawesi Selatan, yang bertujuan untuk meningkatkan jumlah rumah tangga miskin yang memiliki akses ke air PAM dan selokan.
 
Dubes Moriarty kemudian akan berkunjung ke provinsi Papua sebagai bagian dari dukungan jangka-panjang Australia atas pembangunan ekonomi di Indonesia Timur.
 
Di provinsi Papua, Dubes akan bertemu dengan para pejabat pemerintah setempat, para pengusaha dan alumni Australia, serta berkunjung ke pusat-pusat kesehatan, sekolah dan proyek-proyek pembangunan yang didanai oleh Pemerintah Australia.
 
“Australia bekerja sama dengan Pemerintah Indonesia, pemerintah provinsi dan pemerintah setempat untuk mendukung pembangunan di provinsi-provinsi Papua,” tutur Dubes Moriarty dari rilis yang diterima redaksi.