Dua Menteri KIB II; Dianugerahi Brevet Hiu Kencana

Dua Menteri KIB II; Dianugerahi Brevet Hiu Kencana

Merak, Kabarindo-  Dua menteri yaitu Menko Perekonomian Chairul Tanjung dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu dianugerahi penghargaan kehormatan Brevet Hiu Kencana dari Angkatan Laut Republik Indonesia.

Penyematan Brevet Selam itu diserahkan oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Marsetio di Pelabuhan Indah Kiat, Merak, Banten, Sabtu

"Kami menilai dua menteri itu perhatian terhadap alutsista tempur Angkatan Laut cukup besar dengan membangun kapal Selam di Korea Selatan," kata Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Marsetio.

Selain itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Armida Salsiah Alisjahbana juga menerima penyematan Brevet Hiu Kencana.

"Semua pejabat negara itu sangat perhatian terhadap alutsista tempur AL," katanya.

Menurut dia, penghargaan kehormatan AL itu karena Menko Perekonomian memberikan anggaran cukup besar dalam rencana strategis atau Renstra dengan membangun tiga kapal Selam buatan Korea Selatan.

Begitu pula Kepala Bappenas juga menyetujui penambahan perlengkapan tempur AL.

Sedangkan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mampu mempromosikan pariwisata Dewa Ruci dengan keliling dunia.

"Kami menilai ketiga orang itu sangat berjasa terhadap perlengkapan persenjataan AL," katanya.

Sementara itu, Menko Perekonomian Chairul Tanjung menjelaskan alutsista kapal Selam sangat strategi dan penting bagi AL untuk menjaga keamanan Perairan Indonesia dan ribuan pulau NKRI.

Disamping itu juga pihaknya prihatin jika nelayan asing melakukan pencurian ikan di Perairan Indonesia.

Karena itu, jajaran AL harus memiliki alutsista yang baik dan canggih untuk menumpas nelayan asing yang masuk ke Perairan Indonesia.

Ia menyebutkan, zaman dulu AL Indonesia sangat jaya dengan memiliki sebanyak 12 armada Kapal Selam.

Namun, saat ini jumlah Kapal Selam itu berkurang.

"Kami menargetkan tahun 2017 sudah direnstrakan AL kembali memiliki 12 armada Kapal Selam," tegasnya seperti dilansir dari laman antaranews.