Dishidros TNI AL; Peringati Hari Hidrografi Dunia 2015

Dishidros TNI AL; Peringati Hari Hidrografi Dunia 2015

Hotel Discovery, Jakarta- Dinas Hidro Oseanografi TNI Angkatan Laut disingkat Dishidros adalah Badan Pelaksana Pusat (Balakpus) TNI Angkatan Laut yang berkedudukan langsung dibawah Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal).

Dishidros mempunyai tugas pokok menyelenggarakan pembinaan fungsi dan pelaksanaan kegiatan hidro-oseanografi, yang meliputi survei, penelitian, pemetaan laut, publikasi, penerapan lingkungan laut dan keselamatan navigasi pelayaran baik untuk kepentingan TNI maupun kepentingan umum.

Dinas Hidro Oseanografi Angkatan Laut (Dishidros) ditetapkan sebagai lembaga hidrografi nasional dengan dasar hukum Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No.23 tahun 1951 tanggal 31Maret 1951 (PP RI No.23/1951) dan Keputusan Presiden Republik Indonesia No.164 tahun 1960 tanggal 14 Juli 1960 (Keppres RI No.164/1960), mengemban fungsi sebagai Lembaga Hidrografi Militer dan Lembaga Hidrografi Nasional Indonesia.
Setiap tanggal 21 Juni 2015, kita memperingati Hari Hidrografi Dunia,
Laksamana Pertama TNI Daryanto, Kadishidros TNI AL dalam sambutannya mengatakan, dalam memperingati hari hidrografi dunia, Dalam hal ini, Dishidros menetapkan tema peringatan Hari Hidrografi Dunia, yakni "Peran Hidrografi dalam Mendukung Kebijakan Pemerintah Menjadikan Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia", jelasnya.

Seiring dengan kebijakan pemerintah untuk menjadikan sektor maritim sebagai salah satu prioritas pembangunan nasional, kontribusi sektor hidro-oseanografi yang dilaksanakan oleh Dishidros TNI AL dituntut untuk semakin ditingkatkan. Peningkatan kapasitas Hidro-Oseanografi untuk mendukung pembangunan di sektor maritim ini dapat dilakukan di tiga sektor penting yaitu infrastruktur, sumber daya manusia dan kerjasama.

Dalam rangka memperingati Hari Hidrografi Dunia 2015 ini, hari ini tanggal 05 Agustus 2015, Dishidros TNI AL menggelar Seminar Nasional, yang akan membahas permasalahan hidro-oseanografi secara umum, sesuai dengan tugas dan fungsi Dishidros yang berkewajiban menyiapkan dan menyediakan data dan informasi hidro-oseanografi untuk kepentingan TNI dan untuk kepentingan umum yang memberikan jaminan keselamatan navigasi pelayaran di seluruh wilayah perairan yurisdiksi Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Seminar ini merupakan refleksi dan tekad Dishidros dalam mensukseskan keberhasilan program lima pilar dalam Poros Maritim yang digagas oleh Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla, dan kegiatan ini tentunya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) dan perdagangan bebas dunia.

Pada kegiatan ini, hadir Laksamana TNI Ade Supandi, S.E (Kasal) dan para peserta yang ikut dan turut hadir serta terlibat dalam seminar memperingati Hari Hidrografi Dunia, diantaranya terdiri dari seluruh stake holder kelautan, pengamat politik, pengamat militer bidang maritim, NGO yang consern di bidang kelautan, Akademisi Perguruan Tinggi yang membuka program studi kelautan, serta pihak swasta yang bergerak di bidang survei dan pemetaan dan unsur TNI AL sendiri.

Dan diundang dalam seminar ini, antara lain beberapa jajaran dari setiap instansi pemerintah dan swasta diantaranya,  perwakilan Bappenas, Kemenkopolhukam, Kemhan, Kemlu, Kemendagri, KKP, Kemen ESDM, Kemenhub, BNPP, Lapan, Basarnas, BPN, BIG, BPPT dan para akademisi di bidang kemaritiman dan hidrografi dari ITB, IPB UGM, UI, dan Unpad serta dari instansi TNI-Polri.

Pada kesempatan yang sama diperingatan Hari Hidrografi Dunia 2015 ini, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E, turut memberikan sambutannya dalam kegiatan seminar yang berlangsung di Hotel Discovery, Ancol, Jakarta, dimana Kasal mengapresiasi kesiapan para pihak untuk menghadapi dan mendukung kebijakan pemerintah dalam mengimplementasikan program Poros Maritim Indonesia, dan "saya mengucapkan terima kasih atas partisipasi para pihak dalam mengikuti kegiatan seminar ini, tentunya untuk mewujudkan sistem pertahanan wilayah Indonesia yang kuat dan berkembang, ucapnya.