Disbudpar Sleman; Ajak 160 Siswa SMA-SMK Ke Museum

Disbudpar Sleman; Ajak 160 Siswa SMA-SMK Ke Museum

Sleman, Kabarindo– Dalam rangka untuk mengimplementasikan program nasional “Gerakan Nasional Cinta Museum 2010-2015”.

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman mengajak 160 siswa dan 40 guru pendamping dari 40 sekolah SMA dan SMK se Kabupaten Sleman mengunjungi beberapa museum. Kunjungan tersebut dibagi dalam 2 (dua) kunjungan, yakni Selasa dan Rabu, 29-30 September 2015 kemarin.

Adapun museum yang dikunjungi adalah Museum UGM, Museum Pendidikan Indonesia (MPI), Museum Dirgantara Mandala, Museum Gempa Prof.Dr. Sarwidi dan Museum Gunungapi Merapi (MGM).

Saat pelepasan peserta Selasa 29 September 2015, Kepala Dinas Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman Ir. AA Ayu Laksmidewi TP, MM mengatakan bahwa program tersebut untuk mengimplementasikan “Gerakan Nasional Cinta Museum 2010-2015” yang telah dicanangkan pada tahun 2010 di Kabupaten Gianyar Bali.

Melalui kunjungan tersebut diharapkan para siswa akan dapat mengambil manfaat secara optimal fungsi museum. Bahwa museum bukan hanya sekedar koleksi benda semata, namun untuk memberikan penyadaran bahwa museum memiliki nilai-nilai keutamaan yang patut diserap oleh para siswa sebagai generasi muda bangsa.

Selain itu diharapkan akan dapat menanamkan mindset bahwa museum sebagai wahana belajar sekaligus berwisata. Bahwa setelah mengunjungi museum para siswa akan terhibur sekaligus dapat memetik khikmah pelajaran yang terkandung didalamnya.

Yang diharapkan akan menumbuhkan proses internalisasi nilai-nilai keutamaan yang diperoleh dari kunjungan ke museum, para siswa juga diwajibkan untuk menulis karya tulisan dalam bentul essay.

Karya tersebut nantinya akan dinilai dan diambil para pemenangnya.