Dirut PT KAI Ignasius Jonan; Jadi CEO BUMN Terbaik 2013

Dirut PT KAI Ignasius Jonan; Jadi CEO BUMN Terbaik 2013

Jakarta, Kabarindo - Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) Ignasius Jonan.

Ia berhasil meraih penghargaan sebagai Best of the best CEO Berdaya saing Terbaik versi majalah BUMN Track.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sekaligus juri kehormatan Dahlan Iskan mengatakan Ignasius Jonan memang pantas terpilih menjadi CEO BUMN terbaik dan berdaya saing tahun 2013, peningkatan pelayanan kereta api yang semakin membaik merupakan bukti kerja keras dari Ignasius.

Dahlan mengatakan dalam proses penilaian untuk kategori CEO BUMN terbaik, dewan juri mengundang 11 direktur utama BUMN untuk berdialog dengan fokus penilaian pada empat aspek korporasi yang menentukan daya saing perusahaan yaitu strategi korporasi, transformasi SDM, pengelolaan biaya dan Aplikasi Teknologi

Setelah berdebat panjang akhirnya dewan juri dan 11 direktur BUMN memutuskan Ignasius Jonan adalah orang yang tepat untuk meraih penghargaan best of the best CEO terbaik karena Ignasius Jonan telah berhasil membuat PT Kereta Api (Persero) menjadi BUMN yang berdaya saing.

"Ada banyak CEO lain yang masuk kategori penilaian, tapi Ignasius Jonan sudah menonjol dari awal penilaian," ujar dia dalam acara " Malam Anugerah BUMN Track" di Hotel Gran Melia, Jakarta, Kamis Malam (5/12).

Sementara itu, ketua panitia dan Pemimpin Redaksi BUMN Track Hadi Djuraid mengatakan selain memberikan penghargaan kepada CEO, BUMN track juga memberikan penghargaan kepada beberapa BUMN yang mempunyai daya saing terbaik berdasarkan jenis BUMN nya.

Dia mengatakan untuk keempat kalinya majalah BUMN Track menyelenggarakan Anugerah BUMN sebagai ajang bagi BUMN untuk unjuk kinerja, tahun ini anugerah BUMN 2013 mengambil tema " Membangun Daya Saing Untuk Mewujudkan BUMN Unggul".

Menurutnya, anugerah BUMN 2013 mengedepankan daya saing sebagai tema sekaligus tolak ukur penilaian serta mendorong dan merangsang BUMN untuk terus meningkatkan daya saing pada organisasi, budaya kerja dan bisnis.

"Penghargaan BUMN track ini merupakan penghargaan yang diberikan kepada BUMN yang telah mengembangkan model bisnis unggul untuk meningkatkan daya saing nasional," ujar dia

Hadi menuturkan penjurian dilaksanakan dalam dua tahap yaitu kajian kusioner dan pendalaman kusioner melalui wawancara oleh panel ahli dan dewan juri.

Dewan juri anugerah BUMN 2013 adalah Tanri Abeng (Menteri Negara Pendayagunaan BUMN 2008-2009), Andi Ilham Said (Direktur Utama PPM Manajemen), Ilham Habibie (Komite Inovasi Nasional), Aviliani (Komite Ekonomi Nasional), Mas Ahmad Daniri (Komite Nasional Kebijakan Governance).

Selain itu juga Pandu Djajanto (Kementerian BUMN), Bagus Rumbogo (Kementerian BUMN), Muhammad Said Didu (Sekretaris Kementerian BUMN 2005-2010), Hermawana Kertajaya (Founder/CEO Markplus), Agus Pambagyo (Pemerhati Kebijakan Publik), Syamsudin Haesy (Jurnalis Senior) dan Hadi Djuraid (Pemimpin Redaksi BUMN Track) ditambah Juri Kehormatan Dahlan Iskan (Menteri BUMN).

Adapun peraih Anugerah BUMN 2013 adalah:

1. BUMN Agroindustri Berdaya Saing Terbaik adalah PT. Petrokimia Gresik, PT. Perkebunan Nusantara IV (persero), PT. Pupuk Kujang.

2. BUMN Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Berdaya Saing terbaik adalah PT. Pertamina (Persero), PT. Perusahaan Gas Negara (Persero). Tbk, dan PT Aneka Tambang (Persero), Tbk.

3. BUMN Jasa Keuangan Berdaya saing terbaik adalah PT. Bank Mandiri (Persero), Tbk, PT. Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk, dan PT. ASABRI (Persero).

4. BUMN Jasa Non Keuangan Berdaya Saing Terbaik adalah PT. Garuda Indonesia (Persero), Tbk, PT. Kereta Api Indonesia (persero) dan PT. SUCOFINDO (persero).

5. BUMN Infrastruktur Berdaya saing terbaik adalah PT. Telekomunikasi Indonesia (Persero), Tbk, PT. PLN (persero), dan PT. Jasa Marga (Persero), Tbk

6. BUMN Logistik berdaya saing terbaik adalah PT. Angkasa Pura 1 (persero), PT. Pelabuhan Indonesia II (Persero) dan PT. Pelabuhan Indonesia III (Persero).

7. BUMN Manufaktur berdaya saing terbaik adalah PT. Semen Indonesia (Persero), PT. PINDAD (persero) dan PT. Dahana (Persero).

8. Pelayanan Pelanggan BUMN terbaik dan berdaya saing adalah PT. Bank Mandiri (Persero), Tbk

9. Pelayanan Publik BUMN berdaya saing terbaik adalah PT. Kereta Api Indonesia (Persero) dan PT. Pertamina (Persero).

10. Produk BUMN Berdaya saing Global Terbaik adalah PT. Bio Farma (Persero).

11. Implementasi GCG BUMN terbuka Berdaya saing terbaik adalah PT. Telekomunikasi Indonesia (Persero), Tbk, PT. Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk dan PT. Jasa Marga (Persero), Tbk.

12. Implementasi GCG BUMN non terbuka berdaya saing terbaik adalah PT. Kereta Api Indonesia (Persero), PT. Pertamina (Persero) dan PT. TASPEN (Persero).