Dharma Wanita Sleman Antusias; Sambangi Destinasi Wisata

Dharma Wanita Sleman Antusias; Sambangi Destinasi Wisata

Sleman, Yogyakarta, Kabarindo- Sebanyak 40 orang anggota Darma Wanita Persatuan Kabupaten Sleman yang dipimpin oleh Nanik Hermawati Sunartono melakukan pengenalan wisata ke berbagai destinasi wisata di Kabupaten Sleman, Selasa 25 Agustus 2015.

Destinasi yang dikunjungi tersebut adalah UMKM di Huntap Pagerjurang, Desa Wisata Pentingsari, Museum Gunungapi Merapi (MGM) dan Taman Anggrek “Titi Orchid”.
 
Menurut Nanik, kunjungan ke beberapa destinasi yang dikemas dalam bentuk famtrip dengan difasilitasi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman memberikan kesempatan yang luas bagi anggota darma wanita Kabupaten Sleman untuk mengenal lebih dalam terkait dengan destinasi wisata di Kabupaten Sleman. Dan ternyata dari sekian banyak anggota sebagian besar belum pernah mengunjungi destinasi kunjungan, sehingga jelas program ini sangat bermanfaat bagi mereka.
 
Nanik tidak menyangka ternyata bila masyarakat di Huntap Pagerjurang memiliki UMKM aktif yang bergerap dalam industri rumah tangga pembuatan bakpia telo, minuman instan, budidaya sapi perah, kripik jamur, abon lele, dsb. Ini tentunya dapat meningkatkan perekonomian warga masyarakat.Begitu pula warga masyarakat Pentingsari yang mampu menunjukkan kreativitasnya mengelola desa wisata, sehingga aktivitas ekonomi dapat meningkatkan kesejahteraan warga masyarakat setempat.
 
Koleksi Museum Gunungapi Merapi (MGM) memberikan pembelajaran yang berharga tentang kegunungapian dan kegempaan bagi pengunjung, khususnya film “Mahaguru Merapi” yang memberikan gambaran riil tentang Gunung Merapi. Yang paling berkesan bagi peserta adalah Taman Anggrek “Titi Orchid” sehingga para peserta dapat mengenal dan belajar langsung tentang budidaya anggrek.
 
Kepala Dinas Kebudayaan dan Priwisata Kabupaten Sleman Ir AA Ayu Laksmidewi TP, MM saat menemui peserta famtrip di Desa Wisata Pentingsari Cangkringan mengharapkan agar anggota darma wanita peserta famtrip menularkan pengalaman dan ilmunya kepada teman, sahabat dan keluarganya. Sehingga diharapkan destinasi wisata yang ada di Kabupaten Sleman dapat dipromosikan secara positif berdasarkan testimoni yang dapat dipercaya berdasarkan pengalaman langsung berkunjung.