Destinasi Wisata Sleman; Siap Sambut Libur Lebaran

Destinasi Wisata Sleman; Siap Sambut Libur Lebaran

Jakarta, Kabarindo- Berbagai destinasi wisata yang ada di Kabupaten Sleman siap untuk menyambut libur lebaran tahun 2014 ini yang tercatat selama 9 (Sembilan) hari sejak 26 Juli – 3 Agustus 2014.

Berbagai destinasi tersebut meliputi wisata alam di Kawasan Wisata Kaliurang dan Volcano Tour Cangkringan, museum, candi dan desa wisata.

Hal itu terpapar lugas dari rilis yang diterima redaksi dari pernyataan tertulis dari Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman Ir. AA Ayu Laksmidewi TP, MM, Jum’at 18 Juli 2014 saat konverensi pers di Press Room Bagian Humas Setda Kabupaten Sleman Jl. KRT Pringgodiningrat No.13 Beran Tridadi Sleman Yogyakarta.

Hingga saat ini kawasan wisata Kaliurang dan Volcano Tour Cangkringan masih menjadi pilihan tersendiri bagi wisatawan. Hal tersebut dikarenakan di kawasan wisata Kaliurang terdapat udara yang sejuk, alami dengan panorama pegunungan yang menakjubkan. Terlebih dari itu di kawasan wisata Kaliurang terdapat beberapa spot wisata diantaranya Gardu Pandang Boyong, Taman Rekreasi Anak, Hutan Wisata maupun panggung kesenian Tlogo Putri. Selain itu juga terdapat layanan kereta kelinci maupun jeep wisata.

Sedangkan Volcano Tour Cangkringan menawarkan panorama alam pasca erupsi Merapi 2010, yang diantaranya berupa bekas rumah juru kunci Merapi Mbah Maridjan, Bunker Kaliadem, Batu Alien, serta Museum Rumahku Sisa Hartaku. Dikawasan ini pula wisatawan dapat mengeksplorasi panorama alam dengan fasilitas trail wisata maupun jeep wisata. Jumlah jeep wisata yang siap beroperasi di kawasan Kaliaden berjumlah 75 jeep dan trail sebanyak 30 kendaraan.
Adapun alternatif destinasi wisata yang dapat dikunjungi adalah Museum Gunungapi Merapi (MGM), Museum Ullen Sentalu, Monumen Jogja Kembali, Museum Pendidikan Indonesia di UNY, Museum Affandi, serta Museum Dirgantara Mandala. Selain itu wisata candi diantaranya Candi Prambanan, Candi Ratu Boko, Candi Kalasasan, Candi Sambisari, Candi Banyunibo dan Candi Ijo.
Desa wisata juga menjadi salah satu alternatif bagi wisatawan disamping untuk menikmatri panorama alam pedesaan juga sebagai alternatif untuk menginap bagi wisatawan. Saat libur lebaran ini terdapat 12 desa wisata yang siap dijadikan untuk alternatif menginap dengan kapasitas 560 tamu/ wisatawan.
Bagi wisatawan yang berkunjung ke kawasan wisata Kaliurang dapat sekaligus menikmati pementasan atraksi hiburan di panggung hiburan Tlogo Puri. Adapun jadwal pentas seni di panggung hiburan Tlogo Putri Kaliurang adalah, sbb: Selasa 29 Juli 2014 Orkes Melayu Nabila dari Ngawen Trihanggo Gamping, Rabu 30 Juli Orkes Melayu Carista dari Temuwuh Kidul Balecatur Gamping, Kamis 31 Juli Jathilan Kudo Mudo Setyo dari Krebet Bimomartani Ngemplan, 1 Agustus 2014 Campursari Mulyo Laras dari Bedreg Maguwoharjo Depok, 2 Agustus Jathilan Wijining Turonggo Seto dari Turgo Purwobinangun Pakem, serta 3 Agustus Orkes Melayu Komando Band dari Durenan Triharjo Sleman.
Selain itu semua, pertunjukan Sendratari Ramayana di Panggung Terbuka Kompleks Candi Prambanan juga tetap dilaksanakan untuk memenuhi kebutuhan wisatawan. Adapun jadwal pertunjukan Sendratari Ramayana untuk akhir bulan Juli 2014 adalah berupa pertunjukan sendratari full story pada tanggal 19, 20, 21, 23, 26, 27, 28 dan 30 Juli 2014. Sedangkan untuk awal bulan Agustus adalah tanggal 1, 2, 5, 6 dan 7 Juli dan tanggal 8 hingga 11 Juli berupa sendratari episode.

Dalam rangka memantabkan kesiapan menjelang liburan lebaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten sleman telah mengadakan pembinaan kepada para pelaku pariwisata, pemandu pariwisata dan pedagang di kawasan Kaliurang dan kawasan volcano tour, memantabkan kesiapan desa wisata dalam pertemuan forum komunikasi desa wisata, pembinaan bagi pengelola jeep wisata, dsb.
   
Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman untuk periode libur lebaran 2014 yang tercatat selama 9 (sembilan) dari 26 Juli hingga 3 Agustus 2014 menargetkan jumlah kunjungan sebanyak 125.000 wisatawan untuk berbagai destinasi wisata yang ada di Kabupaten Sleman. Pada libur lebaran tahun 2013 silam tercatat 145.718 wisatawan mengunjungi berbagai destinasi wisata di Sleman, diantaranya dengan persebaran sebanyak 33.003 wisatawan berkunjung ke Kaliurang (diantaranya Taman Nasional Gunung Merapi/ TNGM 6.632, Taman Rekreasi Anak, 2.150, Jeep Wisata Kaliurang 900), Volcano Tour Cangkringan 13.001, Museum Gunungapi Merapi (MGM) 6.258, Candi Prambanan 78.841, Candi Ratu Boko 6.841, Monumen Jogja Kembali 6.774 dan desa wisata sebanyak 1.000 wisatawan. Sedangkan angka kunjungan wisatawan ke destinasi wisata di Sleman pada libur lebaran tahun 2012 silam tercatat 117.749 wisatawan.