Desainer Indonesia; Pamerkan Karyanya Di Rusia

Desainer Indonesia; Pamerkan Karyanya Di Rusia

Jakarta, Kabarindo- Desainer Indonesia Toto Supangat menampilkan sejumlah karyanya dalam Muslim Fashion Festival pada pameran "Moscow Halal Expo", 5-8 Juni 2015, di Conference Hall All Russian Exhibition Centre, Moskow.

Siaran pers Kedutaan Besar RI (KBRI) Moskow yang diterima Antara di Jakarta, Selasa menyebutkan sepuluh model cantik Rusia tampil anggun membawakan busana Muslim karya Toto Supangat.

Toto Supangat untuk kedua kalinya berpartisipasi dalam pameran Moscow Halal Expo setelah partisipasinya pada tahun 2011.

Busana Muslim karya Toto Supangat yang menampilkan busana Muslim wanita bertemakan "Raven in the middle of season" dengan paduan batik mendapatkan banyak pujian dari para pengunjung pameran.

Pandangan masyarakat Rusia terhadap busana Muslim Indonesia semakin diperkaya setelah melihat rancangan Toto Supangat dalam pagelaran busana tersebut.

Salah satu pengunjung stan Indonesia, Siti Aisha, menyatakan bahwa, busana Muslim yang ditampilkan Indonesia mempunyai karakter yang kuat dan desain yang dimiliki sangat berbeda dengan busana Muslim kebanyakan.

"Saya sangat menyukai detil yang ditampikan dalam busana Toto Supangat dan menurut saya, busana ini tidak hanya digunakan untuk wanita Muslim saja, namun dapat digunakan oleh wanita secara umum," ungkap Siti Aisha.

Selain Toto Supangat, stan Indonesia juga diisi oleh busana muslim dari koleksi Jasmine Clothing yang membawa pakaian Muslim siap pakai yang elegan dengan detil payet dalam warna-warna pastel yang cocok untuk musim semi dan musim panas di Moskow.

Di samping busana Muslim, Indonesia juga menampilkan produk makanan dari perwakilan Mayora di Rusia dengan produk Torabika Cappucino, permen Kopiko dan Biskuit Danisa yang laris manis diserbu pengunjung pameran hingga detik terakhir pameran ditutup.

Moscow Halal Expo sudah diselenggarakan sejak tahun 2010 oleh Dewan Mufti Rusia dengan dukungan dari Pemerintah Daerah Moskow, Kementerian Luar negeri Rusia, Pusat Islam Pengembangan Perdagangan (ICDT) dan KADIN Rusia.

Pameran 2014 ini terlihat lebih megah dibanding tahun 2013 dan tidak hanya dihiasi oleh berbagai macam produk makanan dan minuman halal, barang-barang kebutuhan rumah tangga, tetapi juga busana-busana muslim dari Rusia, Turki, Maroko, India dan Kazakhstan.

Setelah membuka Moskow Halal Expo 2014 ke-5, Sheikh Ratfi Gainutdin, Ketua Dewan Mufti Rusia, menyempatkan untuk datang ke stan Indonesia.

"Saya menyampaikan rasa terima kasih saya atas partisipasi Indonesia dalam pameran ini. Selain itu, saya mengharapkan agar kerja sama yang telah terjalin baik antara Indonesia dan Rusia dalam bidang halal dapat semakin meningkat serta memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak," ungkap Sheikh Ratfi Gainutdin.

Sementara itu, Wakil Kepala Perwakilan RI Moskow, Nugroho Setyadie, yang hadir mewakili Dubes RI Moskow pada pembukaan pameran juga memberikan apresiasi positif atas pelaksanaan Moscow Halal Expo yang semakin besar dan megah.

"Pameran ini merupakan ajang yang sangat baik untuk memperkenalkan produk-produk Indonesia kepada masyarakat muslim Rusia yang haus akan produk-produk halal. Dengan jumlah penduduk muslim yang cukup besar, sekitar 25 juta orang, Rusia merupakan pasar yang sangat potensial bagi produk-produk Indonesia," ujarnya seperti dikutip dari laman beritasatu.