Desa Di Maubaukul; Terima Pasokan Listrik Dari Tanaman

Desa Di Maubaukul; Terima Pasokan Listrik Dari Tanaman

Jakarta, Kabarindo- Desa yang terletak di Maubaukul, berjarak 50 kilometer dari Waingapu, kini sudah teraliri listrik.

Listrik yang mengalir ke desa tersebut, dibuat dari tanaman. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan menyebutkan, pembangkit listrik tersebut, dibuat oleh seorang pria yang dijuluki sebagai Putra Petir, Ricky Elson.

Tanaman listrik ini dibuat Ricky Elson setelah mendapatkan pelajaran selama 14 tahun di Jepang. Namun, bukan sekedar belajar seperti masyarakat lain, Ricky di Jepang melainkan untuk bekerja.

"Keunggulan ciptaan Ricky adalah sudah menghasilkan listrik pada kecepatan angin 3 meter/detik. Rumah satu kampung terpencil berlistrik," kata Dahlan melalui pesan singkatnya kepada wartawan, Jakarta, Senin (06/10).

Dahlan melanjutkan, baling-baling yang berada pada tanaman listrik murni ciptaan Ricky Elson yang terbuat dari kayu pinus dan dibuat oleh masyarakat Lumajang, Jawa Timur. Sementara baterai untuk tanaman listrik tersebut, Dahlan mengungkapkan baterai yang digunakan asli produksi dalam negeri dari Nippres yang merupakan pula sumbangsih dari kegiatan CSR Pertamina seperti dilansir dari laman energitoday.