Denso Indonesia 2015; Punya Pabrik Ketiga

Denso Indonesia 2015; Punya Pabrik Ketiga

Jakarta, Kabarindo- PT Denso Indonesia akan meresmikan pabrik ketiganya di Kawasan Industri MM2100 Cikarang Barat, Bekasi, untuk mengantisipasi terjadinya peningkatan ekspor komponen kendaraan bermotor pada masa yang akan datang.

"Pabrik tersebut sudah beroperasi, namun akan diresmikan pada 10 April mendatang. Nilai total investasinya sekitar Rp1,4 triliun," kata Direktur PT Denso Indonesia, A. Hartoyo, di Jakarta, Jumat.

Hartoyo mengatakan, di atas luas lahan 20 hektar tersebut, Denso bersiap memproduksi komponen kendaraan bermotor, termasuk pendingin, untuk menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) pada akhir 2015.

Menurutnya, Denso saat ini memproduksi kurang lebih 10 macam komponen untuk memenuhi kebutuhan industri otomotif di dalam negeri, seperti busi, pendingin, klakson, dan starter.

Namun, lanjutnya, beberapa komponen juga telah memenuhi pasar dunia, seperti busi yang telah diekspor ke hampir seluruh negara di Amerika, Eropa dan Asia.

"Ada juga yang diekspor melalui pelanggan. Busi itu rencananya 7 juta buah yang diekspor. Produk lain mengikuti kapasitas produksi mobil," kata Hartoyo.

Ia menambahkan, pasar komponen saat ini memang terbilang lesu, mengingat industri otomotif juga tengah menurun, namun pihaknya optimis bahwa tahun mendatang industri ini akan kembali bergeliat.

"Jika terjadi lonjakan permintaan ekspor, pabrik yang dibangun sejak November 2012 dan selesai pada Januari 2014 ini siap mengantisipasinya. Karena lahannya belum semua terpakai," ujarnya seperti dilansir dari laman antaranews.