Denpasar; Jadi Destinasi Wisata Domestik Terfavorit

Denpasar; Jadi Destinasi Wisata Domestik Terfavorit

Jakarta, Kabarindo- Jumlah masyarakat Indonesia yang memilih untuk berlibur ke destinasi-destinasi wisata dalam negeri semakin meningkat menurut survei terbaru yang dikeluarkan MasterCard dalam MasterCard Survey on Consumer Purchasing Priorities.

Kini rata-rata delapan dari sepuluh orang Indonesia memilih untuk mengunjungi tempat-tempat wisata di dalam negeri, menurut Survei Consumer Purchasing Priorities yang dilakukan oleh MasterCard.

Hasil survei ini juga menyatakan bahwa Bandung tidak lagi menjadi kota kota tujuan wisata domestik yang paling diinginkan, karena posisi puncak kini diduduki oleh Denpasar. Bandung harus tergeser ke posisi kedua, dan Yogyakarta tetap bertahan di posisi ketiga sebagai kota tujuan wisata terfavorit bagi wisatawan domestik sejak tahun lalu.

“Banyaknya masyarakat Indonesia yang menghabiskan waktu liburannya di dalam negeri ini dapat dimanfaatkan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi khususnya di sektor pariwisata nasional, terutama di daerah-daerah yang menjadi tujuan wisata di tanah air,” ujar Irni seperti dilansir dari laman beritasatu.

Sementara itu, survei MasterCard ini juga mengukur tingkat keinginan masyarakat Indonesia untuk melakukan wisata ke luar negeri. Dalam survei ini ditemukan fakta bahwa secara umum masyarakat Indonesia cenderung enggan untuk berwisata ke luar negeri.

Rendahnya minat masyarakat dalam melakukan perjalanan wisata ke luar negeri ini disebabkan oleh beberapa faktor penghambat.

Minimnya pendapatan yang dapat disisihkan untuk wisata dipilih oleh sebagian besar responden (53 persen) sebagai menjadi faktor penghambat utama dalam perjalanan wisata ke luar negeri. Selain itu, naiknya kebutuhan rumah tangga (38 persen), kurangnya minat untuk melakukan perjalanan ke luar negeri (22 persen), kesibukan pekerjaan (13 persen) dan kesulitan keluarga muda dalam mengurus anak selama berwisata ke luar negeri (10 persen) turut dipilih responden sebagai halangan bagi masyarakat Indonesia yang ingin berwisata ke luar negeri.

Saat diberi pertanyaan untuk memilih kota mana saja di luar Indonesia yang ingin mereka kunjungi seandainya dapat berlibur secara cuma-cuma; 26 persen responden memilih Mekah sebagai tujuan utama, diikuti oleh Paris yang dipilih oleh 23 persen responden, dan Tokyo di posisi ketiga dengan persentase sebesar 13 persen.

Selain itu, menurut 74 persen responden dalam survei ini, agen travel masih menjadi sumber informasi terbaik dalam merencanakan perjalanan.

MasterCard Survey on Consumer Purchasing Priorities dirilis dua kali dalam setahun, dan bertujuan untuk menunjukkan prioritas belanja konsumen, termasuk pendidikan, perjalanan, makan dan hiburan, manajemen keuangan dan konsumsi barang mewah di 14 pasar di Asia Pasifik. Survei dan laporan di dalamnya tidak mencerminkan kinerja keuangan MasterCard.