Demak Punya Sibat; Siap Antisipasi Bencana

Demak Punya Sibat; Siap Antisipasi Bencana

Demak, Kabarindo- Sebagai upaya mengurangi resiko bencana alam, PMI Kabupaten Demak, menggelar pelatihan Kesiapsiagaan Bencana Berbasis Masyarakat (KBBM) di lima desa yaitu  Desa Mijen, Desa Pecuk, Desa Ngelokulon, Desa Pasir, dan Desa Jleper di Kecamatan Mijen.

Pelatihan ini dimaksudkan untuk membentuk tim sibat. Dimana tim ini yang nantinya sebagai sumber informasi terdepan dalam tanggap darurat, jika terjadi bencana di daerahnya masing-masing. Hal ini bertujuan mengantisipasi kejadian bencana banjir yang pernah terjadi tahun 2013 lalu.

“Jadi kegiatan ini bagian dari antisipasi kemungkinan terjadinya bencana,” ungkap Ketua PMI Demak dr. Singgih Setiyono, MMR. saat membuka secara resmi kegiatan tersebut di Aula Kecamatan Mijen 8 Desember 2013. Dan selanjutnya di Desa  Mijen tanggal 15 Desember 2013, di  Desa Pecuk tanggal 22 Desember 2013, di  Desa Jleper tanggal 28 Desember 2013, di Desa Ngelokulon tanggal 5 Januari 2014, dan di Balai Pasir tanggal 12 Januari 2014.

Masyarakat yang merupakan pemuda dan pemudi karangtaruna, perangkat desa, ibu-ibu PKK, serta warga desa di kecamatan Mijen ini dikatakannya dilatih untuk menjadi tim yang sigap untuk bereaksi cepat saat terjadi bencana di wilayahnya. Mereka akan melakukan pertolongan pertama dan melakukan tindakan-tindakan awal guna meminimalisasi korban bencana.

“Kita berharap dengan pelatihan ini dapat memiliki relawan yang dapat secara cepat menangani kasus-kasus ringan terkait bencana dan penyakit sebelum mendapat penanganan lebih lanjut,” jelasnya.

Komandan Sibat, Khafid, mengungkapkan rasa terima kasih kepada PMI yang telah memberikan pelatihan, baik teori maupun paktek. "Materi dapat kami terima dengan baik. Apalagi diakhir acara dilakukan Simulasi, sehingga kami bisa memahami dan mengerti langkah-langkah apa yang harus kami lakukan bila terjadi bencana sungguhan," ungkapnya seperti dilansir dari rilis yang diterima redaksi.

Materi yang disampaikan yaitu materi VCA, PRA & Baseline Survey, Pemetaan BKRK, Relief & Distribusi, Logistik, Evakuasi Masal, Pertolongan Pertama, Dapur Umum, Simulasi Pasang Bongkar Tenda (PBT) dan Pembuatan Draf Rencana Kontijensi.