Daya Saing Ekonomi Indonesia; Naik 14 Peringkat

Daya Saing Ekonomi Indonesia; Naik 14 Peringkat

Jakarta, Kabarindo- Peringkat daya saing ekonomi atau Global Competitiveness Index (CGI) Indonesia naik 14 peringkat sejak tahun 2007. Pada tahun 2013 peringkat Indonesia berada di posisi 40 setelah lima tahun lalu masih berada di posisi 54.

Hal tersebut dipublikasikan dalam laporan World Economic Report (WER) pada saat Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN di Brunei Darussalam sebagaimana dirilis situs resmi Sekretariat Kabinet, Rabu (9/10).

Tak hanya Indonesia, sejumlah negara ASEAN lain juga menunjukkan peningkatan dalam hal daya saing ekonomi antara lain Brunei Darussalam yang naik 11 peringkat dalam lima tahun, kemudian Kamboja pula kenaikan peringkatnya signifikan pada tahun 2007 pada posisi 110 kini menjadi di peringkat 85.

Filipina mengalami kenaikan enam peringkat dan Singapura naik lima peringkat yang mana lima tahun lalu berada di peringkat tujuh daya saing ekonomi dunia, kini menjadi dua besar.

Sementara rata-rata kenaikan negara ASEAN pada tahun 2007 lalu berada di 41 menjadi 38 pada tahun ini. Sebelumnya rata-rata tersebut pernah mengalami penurunan dengan adanya krisis ekonomi global. Adanya peningkatan rata-rata daya saing ekonomi (CGI) tersebut terjadi karena adanya peningkatan peringkat di sejumlah negara Asia Tenggara khususnya ASEAN seperti dilansir dari laman beritasatu.

Sekalipun demikian, terdapat beberapa negara yang mengalami penurunan peringkat yaitu Vietnam mengalami penurunan tujuh peringkat, Thailand turun sepuluh peringkat, dan Malaysia turun empat peringkat. Faktor naik turunnya peringkat versi CGI tersebut juga dipengaruhi oleh kestabilan politik suatu negara.