Danareksa 2015; Targetkan Dana Kelolaan Reksa Dana Rp 23 Triliun

Danareksa 2015; Targetkan Dana Kelolaan Reksa Dana Rp 23 Triliun

Jakarta, Kabarindo- PT Danareksa tahun ini menargetkan mampu mengantongi dana kelolaan reksa dana hingga Rp 23 triliun.

Proyeksi tersebut mencerminkan pertumbuhan sekitar 40,24 persen dibanding realisasi dana kelolaan tahun lalu yang mencapai Rp 16,4 triliun.

Executive Director Danareksa Purbaya Yudhi Sadewa mengatakan, perseroan terus melakukan pembenahan di sisi manajeman reksadana, seperti sumber daya manusia serta fund management. Selain itu, Danareksa juga terus menambah jumlah dana kelolaan. “Sistem dan managemen keloaan akan terus kami tingkatkan,” ujar dia, Jakarta, Rabu (14/1).

Menurut Purbaya, iklim investasi di Tanah Air akan semakin menjanjikan pada tahun ini. Reksa dana dipandang sebagai pintu masuk investor domestik sebelum terjun ke investasi pasar modal. Sementara itu, investor asing masih melihat imbal hasil yang tinggi di pasar modal Indonesia.

“Kami meyakini, kondisi ekonomi ekonomi yang membaik serta kondisi global yang akan stabil membuat invetsor lebih percaya diri dalam berinvestasi,” ujar dia.

Adapun Danareksa menerbitkan obligasi dengan penawaran umum berkelanjutan (PUB) I tahap II senilai Rp 500 miliar pada Desember 2014. Perseroan menerbitkan obligasi tersebut dalam dua seri dengan kupon sebesar 10,5-11 persen.

Obligasi tersebut terbagi dua yakni, obligasi seri A sebesar RP 250 miliar dengan jangka waktu tiga tahun dan bunga 10,5 persen. Pembayaran pokok obligasi secara penuh dilakukan pada tanggal jatuh tempo obligasi pada 16 Desember 2017.

Sementara itu, untuk obligasi seri B diterbitkan sebesar Rp 250 miliar dengan jangka waktu lima tahun dan bunga 11 persen. Pembayaran pokok obligasi akan dilakukan pada tanggal jatuh tempo, yaitu pada 16 Desember 2019.

Perseroan menunjuk Danareksa sekuritas dan Bank Mega Tbk (MEGA) menjadi penjamin pelaksana emisi. Perseroan akan menggunakan dana hasil emisi obligasi untuk modal kerja seperti dilansir dari laman beritasatu.