Danamon 2014; Gelar Penganugerahan Danamon Social Entrepreneur Awards Lagi

Danamon 2014; Gelar Penganugerahan Danamon Social  Entrepreneur Awards Lagi

Jakarta, Kabarindo- PT Bank Danamon Indonesia, Tbk. (Danamon) hari ini menggelar acara Malam Penganugerahan Danamon Social Entrepreneur Awards (DSEA) dan Bisa! Award 2014.

DSEA merupakan suatu penghargaan dan bentuk apresiasi Danamon kepada pejuang kesejahteraan Indonesia yang telah membangun wirausaha yang berkelanjutan dalam mengatasi masalah sosial di sekitarnya. Sementara itu, Bisa! Award 2014 adalah penghargaan tahunan yang dianugerahkan kepada karyawan Danamon dan anak perusahaannya Adira Finance, Adira Insurance dan Adira Kredit yang telah menunjukkan Semangat Bisa! dan nilai-nilai budaya perusahaan.

Masyarakat Indonesia telah memilih Alia Noor Anoviar dari Jakarta sebagai Peraih Favorit dari lima peraih Danamon Social Entrepreneur Awards 2014 melalui proses voting online di jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Google+, serta email dan website resmi DSEA 2014 yaitu http://www.danamonawards.org dari tanggal 22 September hingga 24 Oktober 2014. Lima peraih Danamon Social Entrepreneur Awards 2014 telah terpilih dari 350 proposal yang diterima panitia dari seluruh Indonesia. Sebagai Peraih Favorit pilihan Masyarakat Indonesia, Alia Noor Anoviar dari Jakarta berhak mendapatkan hadiah total sebesar Rp 50 juta, sementara keempat peraih lainnya menerima hadiah uang tunai masing-masing sebesar Rp 30 juta, dan semua peraih menerima medali dan piagam penghargaan.

Untuk Bisa! Award 2014, Didik Suadi, IT User Touchpoint & EUC Head Danamon terpilih menjadi pemenang pertama Kategori Umum dan Eka Noviyanti, Customer Retention Head Adira Finance Cabang Palembang 1 sebagai pemenang pertama Kategori Service Excellence.

Henry Ho, Direktur Utama Danamon mengatakan, "Penyelenggaraan Danamon Sosial Entrepreneur Awards dan Bisa! Award 2014 merupakan wujud dari visi Danamon, yaitu Kita Peduli dan Membantu Jutaan Orang untuk Mencapai Kesejahteraan dan juga brand promise Danamon yaitu ‘Untuk Anda, Bisa!’. Melalui ajang ini, Danamon memberikan apresiasi kepada individu-individu yang telah terbukti memberikan inspirasi, membuat perubahan positif, memberikan manfaat serta meningkatkan kualitas hidup bagi dirinya dan lingkungan masyarakat sekitarnya yang dilakukan secara berkelanjutan. Sedangkan melalui Bisa! Award, Danamon memberikan apresiasi kepada karyawan Danamon dan anak perusahaannya yang terbukti mampu menciptakan dampak positif terhadap lingkungan kerjanya dengan inovasi dan penerapan Semangat Bisa! serta nilai-nilai budaya Danamon.”

Berawal dari keprihatinan melihat anak-anak di Ibu Kota yang masih dalam kondisi marjinal, membuat Alia Noor Anoviar sang “Penggerak Mimpi” terinspirasi untuk mendirikan sanggar belajar. Berbekal pendidikan dan modal sendiri, Alia membuka Sanggar Belajar yang diberi nama “Dreamdelion Cerdas” di RW 04 Manggarai, Jakarta. Selain itu, wanita kelahiran Surabaya, 13 Agustus 1991 ini juga mengembangkan social business dengan nama Dreamdelion Kreatif yang memanfaatkan masyarakat sekitar agar dapat memiliki penghasilan sendiri.

Empat peraih DSEA 2014 lainnya yang dipilih berdasarkan hasil seleksi Dewan Juri adalah Adinda Soraya Mutialarang “Pengembang Produk Desa” yang menggerakkan desa dengan program Desanesia; Haris Purnawan “Pemuda Gua Pindul” yang menggagas wisata Gua Pindul; Sanusi “Petani Urban” yang sukses mengelola lahan kosong melalui Kelompok Tani Ranca Labuh; Sukendro “Katalisator Kemandirian” yang mendirikan Sekolah Alam Medan untuk memberikan keterampilan kepada para Anak Berkebutuhan Khusus (ABK).

Zsa Zsa Yusharyahya, Ketua Panitia Pelaksana DSEA 2014, menambahkan, “Penghargaan Danamon Social Entrepreneur Awards 2014 diberikan bagi mereka yang berhasil mengembangkan suatu usaha yang didasari oleh niat untuk meningkatkan kualitas hidup lingkungan dan masyarakat sekitarnya. Kami mencari individu-individu yang memberdayakan diri sendiri serta lingkungannya, melakukan kegiatan yang secara nyata dan berkelanjutan memberikan dampak positif yang sudah terlihat bagi sejumlah orang.“

Seluruh proposal yang masuk telah melalui proses seleksi ketat termasuk dengan verifikasi langsung ke lapangan serta penjurian yang dilakukan oleh Dewan Juri yang terdiri dari Rhenald Kasali, Ketua Dewan Juri yang merupakan Guru Besar Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia; Sapta Nirwandar dari Kementerian Pariwisata; Toriq Hadad, Corporate Chief Editor Tempo Inti Media; Nadine Zamira Sjarif, Miss Indonesia Earth 2009, dan Ketut Alam Wangsa Wijaya, Business Performance & Alignment Head Danamon Simpan Pinjam. Peraih DSEA 2014 telah melalui proses seleksi ketat termasuk dengan verifikasi langsung ke lapangan serta penjurian menggunakan empat kriteria penilaian, yaitu motivation (motivasi), impact (dampak), outreach (jangkauan), dan sustainability (keberlangsungan).

Pada kesempatan yang sama Danamon juga mengumumkan para pemenang Bisa! Award 2014 yakni penghargaan bagi karyawan Danamon atau Danamoners yang mencerminkan Semangat Bisa! dan nilai-nilai Budaya Danamon (Peduli, Jujur, Mengutamakan yang Terbaik, Kerjasama, dan Profesionalisme yang Disiplin) lebih luas di lingkungan Danamon dan anak perusahaannya. Bisa! Award 2014 terbuka bagi setiap Danamoners, yakni karyawan Danamon dan karyawan anak perusahaan meliputi karyawan tetap, kontrak maupun outsource.

“Demi mewujudkan misi menjadi employer of choice, Danamon terus-menerus memberikan penghargaan kepada para karyawan yang telah melakukan pencapaian luar biasa, salah satunya dengan konsisten menyelenggarakan Bisa! Award pada setiap tahunnya. Penganugerahan pemenang Bisa! Award ini diharapkan dapat menjadi inspirasi dalam lingkungan internal Danamon dimana manfaatnya dapat dirasakan para nasabah Danamon dengan kualitas pelayanan yang lebih baik. Para finalis dan pemenang yang terpilih adalah karyawan yang memiliki semangat tinggi dan terbukti mampu berupaya lebih dalam mengatasi berbagai tantangan terutama dalam menerapkan nilai-nilai budaya Danamon serta menghasilkan karya nyata yang bermanfaat bagi orang-orang di sekitarnya dalam lingkungan Danamon.” tutup Zsa Zsa.