Daging Qurban Masjid Istiqlal; Di Tebar Pakai Kantung Plastik Joyoboyo

Daging Qurban Masjid Istiqlal; Di Tebar Pakai Kantung Plastik Joyoboyo

Jakarta, Kabarindo- Ada yang menarik saat plastik higienis dipakai oleh panitia Qurban Idul Adha.

Adalah SINAR JOYO BOYO Plastik satu-satunya produsen plastik nasional yang responsif terhadap tingginya kebutuhan kantung
plastik di Hari Raya Idul Adha. Melalui kegiatan “Tebar Plastik Qurban” SINAR JOYO BOYO Plastik menyediakan 350.000 lembar kantung plastik qurban untuk 500 masjid se-Pulau Jawa serta 25.000 lembar kantung plastik qurban untuk Masjid Istiqlal.

Kegiatan Hari Raya Idul Adha 1435 H di Masjid Istiqlal yang digelar kemarin (Minggu, 5 Oktober 2014) telah diisi dengan berbagai rangkaian ibadah, mulai dari Solat Sunat Idul Adha, penyerahan hewan qurban dari Presiden dan Wapres, konferensi press dan ditutup oleh kegiatan penyembelihan hewan qurban sekaligus pendistribusian daging hasil qurban ke kebeberapa masjid pada malam harinya.


Drs. H. Mubarok. Msi – Ketua Badan Pelaksana Pengelola Masjid Istiqlal menjelaskan, “Tahun ini Istiqlal sudah tidak lagi membagikan daging qurban secara langsung di Masjid Istiqlal, tetapi daging yang telah kami potong, langsung kami hantarkan ke beberapa masjid
ataupun mushola disekitar Jakarta Pusat.”

Handoko Saptajaya Sidharta – General Manager Sales & Marketing Joyo Boyo menyatakan “ Sebagai bentuk kepedulian kami terhadap kebutuhan kantung plastik di Hari Raya Idul Adha kami menggelar kegiatan Tebar Plastik Qurban ke masyarakat melalui kerjasama dengan masjid-masjid yang telah kami data sebelumnya.

“Tentunya selain karena kantung plastiknya ramah lingkungan tetapi juga sehat untuk makanan. Itu tandanya daging yang kita bungkus akan aman dari bahan-bahan berbahaya yang biasanya diakibatkan oleh kantung plastik yang tidak hygienist,” ujar Handoko.

Kegiatan ini, kembali Handoko melanjutkan, merupakan tindak lanjut dari kerjasama yang telah kami bina sebelumnya termasuk dengan pihak pengurus Masjid Istiqlal.

Secara teknis, penyembelihan hewan qurban di Masjid Istiqlal kini sedikit berbeda. Masing-masing dari setiap hewan qurban, daging yang dihasilkan dipotong kedalam ukuran 50 kg.

Potongan-potongan 50 Kg tersebut, kemudian dikemas menggunakan kantung plastik yang berukuran sama yakni 50 Kg.

Setelah itu, daging kemdian didistribusikan ke berbagai masjid disekitaran Jakarta Pusat.

Selanjutnya dari masjid tersebut, daging dicercah kembali keukuran yang lebih kecil (2kg) hingga akhirnya bisa dibagikan ke masyarakat dengan menggunakan 2 jenis kantung plastik HDPE food contact grade (aman untuk makanan) yang berwarna bening untuk kemasan dalam dan yang berwarna putih untuk kemasan luarnya.

Tebar Kantung Plastik Qurban merupakan bagian dari strategi komunikasi Joyo Boyo yang kini sedang digalakan. Tujuannya selain untuk meningkatan brand awareness public sekaligus juga untuk semakin mendekatkan Plastik HEBAT Joyo Boyo dengan target market yang dituju.

“Harapan kami semoga sumbangsih ini dapat bermanfaat bagi masyarakat terutama penerima kurban. Selain itu, kami juga berharap kehadiran kantung plastik Joyo Boyo mampu meningkatkan nilai ibadah masyarakat sekaligus menjadi media untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap penggunaan plastik secara tepat,” pungkas Handoko.