DPP Apkomindo 2015; Siap Kawal Lahirnya UU Ekonomi Kreatif

DPP Apkomindo 2015; Siap Kawal Lahirnya UU Ekonomi Kreatif

Resto Miramar Batu Tulis, Jakarta Pusat, Kabarindo- Anda tentu masih ingat pasca munas Apkomindo- Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia atau disingkat Apkomindo 2015 yang dilaksanakan di Hotel Ibis Style Mangga Dua Square Lantai 8 Jakarta Utara tersebut telah menetapkan Soegiharto Santoso sebagai Ketua Umum (Ketum), Muzakkir sebagai Sekteraris Jenderal (Sekjen), dan Suwato Komala sebagai Bendahara.

Kemudian ada 13  DPA yang terpilih yakni Tecky Tanardi, Andoko, Akhmad Jazuli, Chandra Lesmana, Agustinus Sutandar, Lukas Lukmana, NS Louis, Farid Ahmad, Syamsul Qadar, Sutiono Gunadi, Ridwan dan Willy Arprilyanto,  serta memilih Sandy Kusuma dari Bali sebagai Ketua DPA DPP Apkomindo.

Mereka semua sudah dilantik yang dihadiri oleh pejabat KemKominfo dan beberapa asosiasi ICT serta akhir Maret 2015 lalu sesuai dengan Surat Keputusan Nomor 001/DPP/AP-DPP/III/2015 tentang Pelantikan Pengurus Dewan Pengurus Pusat APKOMINDO Masa Bhakti 2015-2018.

Menarik saat redaksi mendapat pleno pengurus DPP yang dipimpin oleh Soegiharto Santoso sebagai Ketua Umum (Ketum) atau media kerap menyapa Hoky yang membahas persiapan RUU Ekonomi Kreatif, tidak hanya itu juga persiapan pendirian LSP manajemen informatika dan masalah internal organisasi.

"Ada hal yang menarik dari usulan akhir Januari 2015 dari DPD RI yaitu RUU Ekonomi Kreatif dan Indonesia punya Badan Ekonomi Kreatif yang membawahi 16 subsektor sejak Maret lalu. Kami para pengurus DPP Apkomindo yang terpilih sah dan diakui oleh pemerintah memahami persis persoalan para pencipta terkait HAKI sesuai UU No 28 Tahun 2014. Itu hanya salah satu masih banyak lagi lainnya sehingga Indonesia harus punya UU Ekraf," papar Hoky lugas yang kebetulan bertepatan berulang tahun pada hari ini.

Menurutnya Indonesia yang menjadi pasar ICT dunia, sudah banyak developer, animator serta pelaku ekonomi kreatif IT adalah anak negeri dan Apkomindo peduli akan hal tersebut.

Apkomindo mendukung persiapan lahirnya UU Ekonomi Kreatif dan siap mengawal lahirnya UU tersebut dan mendukung pemerintah melalui Bekraf-Badan Ekonomi Kreatif yang saat ini dipimpin oleh Triawan Munaf.

Ada hal yang menarik dari beberapa pointers penjelasan dari beberapa pengurus. Salah seorang pengurus DPP Apkomindo,  Muzakkir sebagai Sekteraris Jenderal (Sekjen) mengingatkan bahwa sudah ada hasil keputusan sidang pengadilan negeri Jakarta Timur dengan no. perkara 479/PDT.G/2013/PN.JKT.TIM tentang gugatan dari pihak Ex Dewan Pertimbangan Apkomindo (DPA) 2008-2011 yaitu sdr. Agus Setiawan & Sdr. Rudi Rusdiah BE, MBA, MA kepada kepengurusan DPP Apkomindo hasil Munas yang berlangsung di Solo 2012, adalah gugatan TIDAK DITERIMA karena penggugat tidak punya kapasitas sebagai penggugat.

"Apkomindo dibawah kepemimpinan pak Hoky ingin memberi manfaat lebih banyak bagi perkembangan ICT, Apkomindo harus move on agar bisa bergandengan dengan pemerintah dalam hal ini Kemkominfo, Kadin, Bekraf dan pihak lain agar bisa bersama-sama memajukan ICT 2015. Apkomindo siap menggelar Gadget Show bersama Dyandra dalam waktu dekat," papar Muzakkir mantap.

Rapat pleno masih berlangsung pada pembahasan hal strategis lainnya saat Anda membaca berita ini. Tidak hanya dari seluruh pengurus DPP yang sudah dilantik tapi juga pihak DPA dan beberapa pihak.


Bravo Apkomindo untuk masa depan ICT...............!