DKI Jakarta; Punya Penerangan Lampu LED

DKI Jakarta; Punya Penerangan Lampu LED

Jakarta, Kabarindo- Suku Dinas Perindustrian dan Energi Jakarta Pusat (Jakpus) membangun 2.196 titik lampu Light Emitting Diode (LED) di delapan kecamatan yang ada di Jakarta Pusat.

Di antaranya adalah Kecamatan Senen sebanyak 274 titik, Kecamatan Tanah Abang 237 titik, Kecamatan Johar Baru 212 titik, Kecamatan Kemayoran 288 titik, Kecamatan Menteng 235 titik, Kecamatan Sawah Besar 354 titik, Kecamatan Cempaka Putih 318 titik dan Kecamatan Gambir 278 titik.

Kepala Sudin Perindustrian dan Energi Jakpus Iswandi mengatakan, lampu LED tersebut dipasang hanya di seluruh pemukiman warga saja. Pihaknya enggan memasang di jalan umum atau jalan raya karena cukup mengganggu pengelihatan pengendara kendaraan.

"Kemudian kita pasang di pemukiman warga, karena sangat cocok. sebab lampu LED terang cahayanya dan berwarna putih. Lingkungan pemukiman warga jadi cerah meskipun pada malam hari," katanya di Jakarta, dilansir SindoNews (11/01).

Selain itu, kata Iswandi, lampu LED juga memiliki kelebihan, yakni hemat energi, kualitas tahan lama, wattnya tidak terlalu besar dan dapat memberikan warna natural. "Ada kelebihan dan kekurangan, kalau kelebihannya lampu LED itu hemat energi dan kelemahannya otomatis harga lampu LED relatif lebih mahal dari lampu biasa," paparnya.

Iswandi menambahkan, jumlah lampu terpasang di seluruh wilayah Jakarta Pusat sebanyak 39.747 titik lampu. Untuk jumlah perbaikan lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) sampai Desember 2013, ada 23.412 perbaikan. Perbaikan itu meliputi bagian perawatan lampu PJU.

Teknis perbaikan lampu PJU meliputi penggantian komponen (bola lampu, ballast, kapasitor, dan ignitor) dan perbaikan atau penggantian jaringan kabel PJU. "Sedangkan perawatan PJU meliputi penggantian cover lampu yang rusak maupun hilang, pengecatan tiang PJU dan panel PJU," ungkapnya.

Iswandi juga mengimbau, apabila ada lampu PJU yang padam mohon lapor ke posko PJU Jakarta Pusat. Pasalnya, meskipun cuaca musim hujan bukan sebagai faktor rusaknya lampu. Namun dalam beberapa kasus pihaknya menemukan kerusakan lampu dikarenakan tertimpa pohon tumbang atau tersambar petir.

"Bagi masyarakat yang melihat adanya lampu PJU yang padam atau ada kerusakan, bisa langsung menghubungi nomor telp 021-231 4444," imbau Iswandi seperti dilansir dari laman energitoday.