DKI Jakarta Punya Patung MH Thamrin; Bertambah Satu Ikon Ibukota

DKI Jakarta Punya Patung MH Thamrin; Bertambah Satu Ikon Ibukota

Jakarta, Kabarindo- Posisi tepatnya adalah pertemuan median Jalan Medan Merdeka Selatan dan dekat Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jakarta Pusat, Minggu (3/6) seperti dilansir dari laman MIcom.

"Jakarta mendapat satu monumen tambahan, yakni monumen MH Thamrin. Monumen ini bermula dari keinginan warga kita terutama generasi muda untuk melihat sosok almarhum," ungkap Foke, saat peresmian patung tersebut.

Desain patung setinggi 4,5 meter dengan tapak 2,5 meter tersebut merupakan hasil sayembara yang diselenggarakan Pemprov DKI Jakarta pada 2010 yang dimenangi pematung Ketut Winata.

Menurut sang pematung Ketut Winata, patung yang dibuatnya mengandung makna bahwa sosok MH Thamrin adalah seorang politikus intelektual yang patut diteladani seluruh warga Indonesia.

Menurut Foke, selama dua tahun pelaksanaan car free day, dirinya selalu mendapat pertanyaan dari warga kenapa Jakarta tak punya monumen MH Thamrin. Foke sendiri mengaku mengagumi sosok MH Thamrin yang merupakan Betawi tulen dan llahir di Sawah Besar.

"Jadi MH Thamrin ini lahir di kampungnya gubernur," ujarnya.

Patung yang berbentuk sosok MH Thamrin berdiri tegak membawa gulungan kertas tersebut merefleksikan sosok MH Thamrin yang tegas dalam berkorporasi dengan Belanda. "Semoga monumen ini bisa gugah suri ketauladanan MH Thamrin yang utamakan kepentingan rakyat dan bangsa Indonesia. peresmian patung ini juga untuk peringati HUT Jakarta 485 tahun," ucap Foke.

Kepala Dinas Pertamanan dan Pemakanan Provinsi DKI Jakarta Catharina Suryowati mengatakan pembangunan patung tersebut sempat tertunda 12 tahun lantaran pencarian lokasi. Awalnya patung tersebut akan didirikan di sepanjang Jalan MH Thamrin, namun tak ada titik yang cukup lebar untuk dijadikan fondasi.

"Geser-geser terus lokasinya. Pilih lokasi ini yang aman," ucapnya.