DESAINER INDONESIA FASHION FORWARD; Tembus Negeri Kanguru

DESAINER INDONESIA FASHION FORWARD; Tembus Negeri Kanguru

Jakarta, Kabarindo- Desainer Indonesia Fashion Forward, Patrick Owen, baru saja menampilkan koleksinya di Virgin Australia Melbourne Fashion Festival, beberapa hari yang lalu.

Kesuksesan Patrick menembus event fashion bergengsi di Australia yang dihadiri para jurnalis dan buyers dari berbagai negara tak lepas dari kolaborasi Jakarta Fashion Week dan Australia-Indonesia Centre (AIC).

Saat penyelenggaraan Jakarta Fashion Week 2015, tahun lalu, JFW dan AIC menggelar kompetisi yang bertujuan untuk mengangkat talenta-talenta baru dalam industri fashion. Patrick Owen terpilih sebagai pemenang Australia Indonesia Fashion Designer Prize dan mendapatkan hadiah senilai 10.000 dolar Australia serta kesempatan untuk memasuki pasar Australia dan mendapat eksposur dari media-media Australia dan internasional serta tampil di runway Virgin Australia Melbourne Fashion Festival tahun ini. Dalam kompetisi ini, desainer Indonesia Fashion Forward, Peggy Hartanto juga memenangkan Australia-Indonesia Fashion Designer Award. Seperti Patrick, Peggy juga menjadi tamu penting di acara-acara Melbourne Fashion Festival, diperkenalkan ke media internasional, bertemu langsung dengan para pemenang Melbourne Fashion Festival National Designers Award.

“Di Jakarta Fashion Week, kami meyakini bahwa kolaborasi global akan menghasilkan inovasi. Ini pula yang dibutuhkan oleh para desainer kita agar mereka dapat termotivasi dan berani menembus pasar global. Dan melalui program Indonesia Fashion Forward, kami senantiasa membawa leibh banyak desainer Indonesia ke pentas dunia agar nama Indonesia juga semakin di kenal di komunitas fashion dunia,”  ujar Lenni Tedja, Direktur Jakarta Fashion Week.

Program Indonesia Fashion Forward merupakan hasil kerjasama Jakarta Fashion Week, British Council dan Kementrian Pariwisata Republik Indonesia. Dalam program Indonesia Fashion Forward, Patrick Owen dan puluhan desainer muda terpilih dibimbing langsung oleh para pakar fashion dari Center for Fashion Enterprise, London. CFE adalah lembaga pengembangan bisnis yang melakukan inkubasi dan mendukung pengembangan label maupun desainer baru di sektor fashion di Inggris. Selama mengikuti program ini, para desainer mempelajari branding, range planning, analisis penjualan, studio space, strategic partnership serta strategi menembus pasar internasional.