Coolio Hairmake; Tampilkan Gaya Rambut Memorial Classic

Coolio Hairmake; Tampilkan Gaya Rambut Memorial Classic

Surabaya, Kabarindo- Tren rambut atau busana selalu berputar. Bisa melesat jatuh ke masa depan atau futuristik, bisa pula kembali ke zaman dulu.
 
Tren rambut kembali ke zaman dulu ditampilkan Triyan Sudarmanto, pemilik Coolio Hairmake. Ia merilis gaya rambut terbaru bertema Memorial Classic yang mengacu pada era 1940-1960-an.
 
“Saya sengaja mengusung tema ini kebetulan bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan pada 10 November. Jadi momennya pas,” ujarnya saat pembukaan cabang baru salonnya.
 
Triyan menjelaskan, Memorial Classic mengambil ide dari model-model rambut yang diaplikasikan anak muda Indonesia tempo dulu pada zaman penjajahan hingga 1960-an. Model rambut kreasinya ini juga mengacu pada tren rambut yang kembali ke tempo dulu selama dua tahun terakhir.
 
“Sayangnya yang menjadi tren adakah gaya rambut dari sosok-sosok asing yang terkenal pada zamannya dulu. Karena itu, saya tampilkan Memorial Classic yang mengacu pada anak muda Indonesia tempo dulu yang tak kalah keren dengan gaya rambut dari luar,” ujarnya.
 
Triyan mengatakan, Memorial Classic bisa diaplikasikan pada laki-laki maupun perempuan. Untuk laki-laki, ia mengambil konsep army look. Sedangkan untuk perempuan dengan konsep curly wave.
 
Konsep army look ini terinspirasi dari potongan rambut para pejuang kemerdekaan Indonesia seperti gaya rambut cepak ala Bung Tomo, pahlawan Surabaya. Bagian pinggir rambut dipotong tipis, hanya menyisakan bagian tengah dengan panjang 3-5 cm. Rambut bisa dibelah pinggir seperti rambut Bung Tomo.
 
“Meskipun sederhana, para pejuang kita dulu terlihat gagah dengan potongan rambut begitu,” ujar Triyan pada Rabu (12/11/2014).
 
Untuk model rambut perempuan, curly wave menjadi model rambut mayoritas pejuang kemerdekaan perempuan Indonesia yang tetap cocok diaplikasikan pada zaman sekarang. Cirinya ikal bergelombang yang menonjolkan feminitas dengan aksen jepitan rambut.
 
Menurut Triyan, adanya ciri ikal tersebut karena zaman dulu belum ada teknologi smoothing sehingga rambut perempuan pada masa itu cenderung bergelombang. Model ini juga menjadi tren sekarang. Banyak perempuan yang menata rambut mereka di bagian bawah dan pinggiran menjadi ikal. Sebelumnya, kaum remaja dan perempuan muda umumnya menyukai rambut lurus. Meskipun gaya ini masih disukai, namun mulai tergeser oleh model curly wave.