Citraputra Gandeng IKJ; Gelar Lomba Patung

Citraputra Gandeng IKJ; Gelar Lomba Patung

Jakarta, Kabarindo- Pengembang properti Ciputra Group menyelenggarakan Anugerah Adipura IV CitraRaya 2014-EcoCulture dengan menggelar Lomba Patung Tingkat Nasional IV bekerja sama dengan Institut Kesenian Jakarta (IKJ).

Lomba patung dengan kategori Seni Patung Lingkungan dan Street Art Furniture itu digelar dalam rangkaian perayaan hari jadi ke-20 CitraRaya Tangerang, sebuah perumahan skala kota yang didirikan Ciputra di Tangerang, Banten.

"Harapan saya yang terbesar dengan terselenggaranya lomba ini adalah meningkatnya apresiasi terhadap karya seni di antara kalangan masyarakat Indonesia. Masa depan kreatif kita ada di tangan kita bersama dan berdasarkan bakat-bakat yang terlihat dalam lomba ini, masa depan seni dan budaya kita sangat cerah," kata Dr. (HC). Ir. Ciputra, Chairman & Founder Ciputra Group, seperti dikutip dalam siaran pers, Senin.

"Kami menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para seniman yang telah berpartisipasi dan mencurahkan segenap tenaga dan pikiran untuk mempersembahkan karya seni terbaiknya."

Semua karya seni yang dihasilkan dari lomba ini dalam pelaksanaannya dapat menghiasi jalan-jalan dan area publik di CitraRaya dan juga proyek-proyek Ciputra Grup lainnya, serta menjadi sarana  promosi dan edukasi tentang nilai seni dan estetika kepada generasi muda, katanya.

"...yang tentunya turut mendorong peningkatan kemampuan apresiasi seni yang lebih tinggi dan bermutu bagi semua masyarakat untuk masa-masa yang akan datang,” kata Budiarsa Sastrawinata, Direktur Utama PT Ciputra Residence.

Para pemenang dalam sayembara patung itu akan mendapatkan hadiah dan sejumlah uang pembinaan.

Lomba Patung Tingkat Nasional tersebut melibatkan dewan juri yang terdiri dari Dolorosa Sinaga (Seniman), Maurice Guido Bernardi (Ciputra Grup), Citra Smara Dewi (Dekan Fakultas Seni Rupa IKJ), Nirwan Dewanto (Budayawan), dan Budi Lim (Arsitek).

Menurut Budiarsa, para juri merupakan orang-orang  yang mumpuni dan kompeten dibidangnya masing-masing telah bekerja keras untuk mencari karya terbaik untuk tahun 2014. Setelah dua kali proses penjurian, akhirnya ditentukan para pemenang dari masing-masing kategori.

Masih dalam rangkaian lomba Patung, CIputra juta membuka Pameran Patung yang akan disertai Workshop Seni selama pameran berlangsung sejak 21 November sampai 2 Desember 2014.

Pameran ini akan menampilkan seluruh karya peserta lomba dan karya pemenang terbaik Anugerah Adirupa IV CitraRaya 2014–EcoCulture dan juga beberapa koleksi patung pemenang lomba sebelumnya dan Patung – Patung koleksi Ciputra Group dan IKJ.

"Pameran dan workshop ini merupakan bentuk publikasi dan sosialisasi kepada khalayak luas. Ini penting dilakukan agar masyarakat luas, publik mendapatkan kesempatan dan pengalaman estetik dalam melihat karya seni rupa ruang publik yang berkualitas," ujar Citra Smara Dewi, Dekan Fakultas Seni Rupa IKJ seperti dilansir dari laman antaranews.