Citilink 25 Agustus Mendatang; Punya Destinasi Baru

Citilink 25 Agustus Mendatang; Punya Destinasi Baru

Pekanbaru, Kabarindo- Maskapai penerbangan anak perusahaan Garuda Indonesia.

Citilink membuka rute baru yakni Pekanbaru-Yogyakarta pulang-pergi satu kali per hari menggunakan armada pesawat Airbus 320, yang dimulai pada 25 Agustus 2014.

"Kita menerbangi rute Pekanbaru-Yogyakarta satu kali setiap hari dengan kondisi jam 7.50 Wib dari Pekanbaru dan Yogyakarta pukul 10.30 Wib mulai 25 Agustus," ujar Distric Manager Citilink Pekanbaru Ridwan di Pekanbaru, Kamis (20/8).

Menurutnya, rute tersebut akan diterbangi dengan menggunakan pesawat jenis Airbus 320 dengan kapasitas penumpang 180 tempat duduk dan harga tiket dijual dengan relatif wajar mulai dari Rp 900 ribu lebih per orang.

Sejak hadir di Kota Pekanbaru pada 8 Maret 2013 dan melakukan terbang perdana tiga hari kemudian dengan rute Pekanbaru-Batam, Citilink terus melihat potensi pasar serta animo masyarakat di Riau yang cukup tinggi terutama terhadap rute-rute yang ditinggalkan maskapai.

Pekanbaru-Yogyakarta dinilai merupakan rute yang cukup baik di hati masyarakat, hingga masyarakat khususnya di Riau kehilangan dengan dihentikannya operasional maskapai Tigerair Mandala terhitung 1 Juli 2014 karena depresiasi rupiah.

"Kita melihat, terbang dari Pekanbaru ke Yogyakarta dengan biaya mencapai Rp 1,6 juta-Rp1,8 juta per orang untuk satu kali jalan. Itu pun dengan transit di Jakarta dalam kondisi ada waktu yang terbuang percuma," katanya.

Citilink, lanjutnya, mencoba menjadi jembatan untuk terbang langsung dari Pekanbaru-Yogyakarta dengan waktu tempuh sekitar dua jam dan akhirnya Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub meyambut cukup positif atas usulan yang pihaknya ajukan.

"Meski ada beberapa maskapai nasional yang menyatakan minat terhadap rute itu dan salah satunya Garuda Indonesia, akan tetapi perusahaan pelat merah tersebut terkendala dengan masalah armada pesawat," ucap Ridwan.

Station Manager Citilink Pekanbaru Rahman menambahkan, untuk penerbangan perdana rute Pekanbaru-Yogyakarta tempat duduk yang telah terisi sekitar 90 persen dari kapasitas pesawat Airbus 320 dengan 180 kursi.

"Saat ini kursi yang telah terisi sekitar 90 persen dari kapasitas total dan kami pantau dari penjualan tiket rute tersebut," katanya.

Asosiasi Perusahaan Agen Penjual Tiket Indonesia (Astindo) Riau menyatakan, maskapai penerbangan berbiaya murah Citilink Indonesia mendapatkan satu rute yang ditinggalkan maskapai Tigerair Mandala yakni Pekanbaru-Yogyakarta.

"Mulai beroperasi Agustus 2014 ini. Mengenai tanggalnya kalau saya tidak salah tanggal 25 Agustus pergi pulang satu kali sehari Pekanbaru-Yoyakarta," ujar Ketua Astindo Riau, Sutardie seperti dilansir dari laman beritasatu.