Ciputra Ekspansi Ke Pontianak; Garap Proyek Rp 500 Miliar

Ciputra Ekspansi Ke Pontianak; Garap Proyek Rp 500 Miliar

Jakarta, Kabarindo- Ciputra Group menggarap proyek hunian tapak (landed house) di Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar) senilai Rp 500 miliar.

Proyek bertajuk Ciputra Garden Aneka itu mulai dibangun tahun 2014.

"Proyek berdiri di atas lahan seluas 14 hektare dengan nilai proyek Rp 500 miliar," ujar Tulus Santoso, direktur PT Ciputra Development kepada Investor Daily di Pontianak, Kalbar, baru-baru ini.

Dia menjelaskan bahwa pengembangan proyek dilakukan secara bertahap. Ciputra Group optimistis bisnis properti di Pontianak terus berkembang. "Kami perkirakan pengembangan rampung dalam lima tahun," jelas dia.

Saat ini, dari sekitar 80 unit yang ditawarkan dalam tahap awal, rumah di Ciputra Garden Aneka dibanderol mulai Rp 1,2 miliar. Sedangkan untuk angsuran, Ciputra menawarkan hingga 36 kali.

"Harga Rp 1,2 miliar cukup realistis dengan daya beli masyarakat setempat pada saat ini. Kami mencatat, sudah terjual sebanyak 30 persen," ujar Tulus.

Menurut M Isnaini, wakil DPD Real Estat Indonesia (REI) Kalbar, harga rumah di atas Rp 1 miliar per unit masuk kategori segmen rumah mewah. Saat ini, kata dia, tren permintaan lebih banyak di segmen rumah menengah ke bawah yang harganya di bawah Rp 1 miliar per unit.

Dia menjelaskan, saat ini kekurangan pasokan rumah di Kalbar bisa mencapai 13 ribu unit. Sedangkan para pengembang hanya mampu membangun sekitar 4.900 unit pada 2015.

Dari jumlah tersebut, tambahnya, sebanyak 4.500 adalah rumah bagi MBR dengan kredit pemilikan rumah (KPR) berskema Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP). "Lalu, sekitar 300 unit rumah menengah dan sekitar 100 rumah mewah," katanya seperti dilansir dari laman antaranews.