Cathay Pacific; Siap Datangkan 90 Pesawat Baru

Cathay Pacific; Siap Datangkan 90 Pesawat Baru

Surabaya, Kabarindo- Cathay Pacific, maskapai penerbangan internasional yang berbasis di Hongkong, siap mendatangkan 90 unit pesawat baru jenis Airbus untuk melayani berbagai rute di seluruh dunia.
 
“Pengembangan jaringan merupakan fokus maskapai kami. Ke-90 pesawat baru itu akan menerbangi berbagai destinasi di seluruh dunia," ujar Manager East Indonesia Cathay Pacific, Rozana Lee, pada Selasa (23/9/2014).
 
Ia mengatakan, kedatangan pesawat itu akan berlangsung secara bertahap hingga 2024. Rozana menyebutkan, investasi untuk pembelian seluruh pesawat baru senilai 222 miliar dolar Hongkong atau Rp. 343 triliun. Namun ia tidak mengatakan mekanisme pendanaannya.
 
Selain mendatangkan pesawat baru, Cathay juga merenovasi kabin di seluruh armada senilai 4,9 miliar dolar Hongkong dan melakukan peningkatan lounge ke seluruh jaringan internasional sebesar 880 miliar dolar Hongkong.
 
Rozana menjelaskan, penambahan pesawat merupakan salah satu strategi bisnis untuk melakukan penetrasi pasar penerbangan, meningkatkan layanan, menjaring lebih banyak penumpang dan melayani rute-rute baru.
 
Ia mengatakan, Cathay akan membuka rute baru dari Hongkong tujuan Manchester, Zurich dan Boston. Rute Hongkong-Manchester, Inggris, rencananya akan dibuka pada Desember mendatang dengan frekuensi 4x seminggu. Rute Hongkong-Zurich akan diterbangi mulai Maret 2015 dengan layanan harian non-stop, sedangkan Hongkong-Boston, AS, mulai diterbangi pada Mei mendatang sebanyak 4x seminggu.
 
Rozana menambahkan, jumlah penumpang Cathay terus meningkat. Load factor (tingkat keterisian) rata-rata semua rute mencapai 80%. Untuk Indonesia, maskapai ini terbang dari Jakarta ke Hongkong sebanyak 3x sehari, dari Surabaya satu kali sehari dan dari Denpasar 9x seminggu. Untuk rute Surabaya-Hongkong, penumpangnya cukup besar, baik para pebisnis, pekerja migran maupun wisatawan.
 
Guna menjaring lebih banyak penumpang, terutama pada liburan akhir tahun, Cathay akan . menggelar Cathay Pacific Travel Fair pada Oktober  mendatang di Pakuwon Trade Center, Surabaya, dan di Kota Casablanca, Jakarta.
 
“Kami menargetkan peningkatan penumpang dari segmen wisatawan pada liburan akhir tahun ini,” ujar Rozana.
 
Ia optimistis akan mampu menggaet banyak warga Surabaya yang ingin berlibur ke Hongkong karena banyak event menarik yang akan digelar pada liburan akhir tahun.