Car Free Night; Kembali Digelar Di Malam Tahun Baru

Car Free Night; Kembali Digelar Di Malam Tahun Baru

Jakarta, Kabarindo- Untuk menyambut pergantian malam tahun baru 2013/2014, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta kembali menggelar acara Jakarta Night Festival (JNF) 2013 atau Car Free Night 2013.

Car Free Night ini menjadi ajang yang dilaksanakan untuk ketiga kalinya sepanjang tahun 2012-2013.

Seperti biasanya, dalam acara JNF 2013, Pemprov DKI akan memberlakukan kegiatan Jakarta Car Free Night atau Jakarta Bebas Kendaraan Bermotor pada malam hari. Kegiatan ini akan dilakukan di koridor Jalan Thamrin hingga Jalan Sudirman.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta Arie Budhiman membenarkan pada tanggal 31 Desember 2013, pihaknya kembali menggelar Jakarta Car Free Night atau JNF 2013.

“Kegiatan ini merupakan ketiga kalinya. Pertama kita adakan saat pergantian malam tahun baru 2012/2013, kedua saat Hari Ulang Tahun Jakarta dan ketiga malam pergantian tahun 2013/2014,” kata Arie usai Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Balai Kota DKI, Jakarta, Senin (16/12).

Namun, lanjutnya, pihaknya belum mengetahui berapa jumlah panggung yang akan didirikan pada Jakarta Car Free Night tahun ini. Begitu pula agenda kegiatan yang akan menghibur warga Jakarta dalam menikmati malam pergantian tahun 2013/2013.

“Saya belum tahu jumlah panggungnya, begitu pula agendanya juga belum disusun. Tapi yang pasti, car free night pada malam pergantian tahun ini akan dilaksanakan,” ujarnya.

Acaranya tidak akan jauh beda dengan Jakarta Car Free Night 2012/2013. Yakni akan menyajikan berbagai atraksi seni budaya dan hiburan di 16 lokasi panggung sepanjang Thamrin – Sudirman, serta karnaval malam tahun baru.

Jenis tampilan seni budaya di 16 panggung hiburan sangat bervariasi. Mulai dari seni musik tradisonal betawi, keroncong, gambang kromong, wayang betawi, campur sari, musik dangdut, band pop dan rock.

Pada Jakarta Car Free Night tahun lalu, digelar karnaval Malam Tahun Baru yang diikuti sekitar 3.000 orang. Terdiri dari arak-arakan komunitas sepeda, marching band, seni budaya nusantara, dan rumah batik carnival. Serta Performing Arts yang diikuti 2013 pelajar dengan formasi unik dalam tampilan seni budaya.

Rute yang akan ditempuh, start dari halaman Balaikota DKI, pukul 22.00 WIB hingga Jalan Thamrin dan finish di Bundaran Hotel Indonesia diperkirakan sekitar pukul 23.30.

Puncak detik-detik pergantian tahun 2012/2013 dipusatkan di panggung utama yang di Bundaran HI. Gubernur Provinsi DKI Jakarta Joko Widodo bersama-sama masyarakat merayakannya, diiringi dengan berbagai atraksi hiburan. Antara lain atraksi kembang api, laser show, air mancur, penerbangan balon zepellin, serta hingar-bingar musik di sepanjang Thamrin-Sudirman.