Capgemini Gandeng SAP; Wujudkan Transformasi Digital Industri Manufaktur

Capgemini Gandeng SAP; Wujudkan Transformasi Digital Industri Manufaktur

Surabaya, Kabarindo- Capgemini, pemimpin global di dunia jasa consulting, teknologi dan outsourcing, bersama SAP mengumumkan perluasan kerja sama dengan meluncurkan Fast Digital 4 Discrete Industries by SAP and Capgemini.

Ini merupakan proyek kerja sama untuk membantu klien mereka yang bergerak dalam industri manufaktur untuk mengelola transformasi digital mereka dengan memaksimalkan potensi Industri 4.0, Internet of Things dan teknik manufaktur yang inovatif.

Manfaat transformasi organisasi dengan menggunakan teknologi digital terbaru seperti pelacakan real-time, pemodelan dan visualisasi 3D, Internet-of-Things atau benda yang terhubung semakin luas diakui. Namun semua teknologi ini tidak mudah diimplementasikan dan disebarkan dalam skala besar untuk memberikan manfaat yang diharapkan.

Langkah tersebut bertujuan mengatasi tantangan ini dengan menggabungkan paket solusi digital unggulan SAP dengan keahlian global Capgemini di dunia consulting, wawasan dan data, cloud dan manufaktur digital. Capgemini juga akan menggunakan model yang lincah bagi transformasi bisnis berdasarkan kerangka transformasi digitalnya yang khusus dirancang untuk industri manufaktur serta mencakup eksplorasi, desain dan pengembangan solusi spesifik guna memungkinkan model dan skenario bisnis baru.

Olivier Sevillia, anggota Group Executive Board dan Group Head of Digital Services Capgemini, mengatakan di dunia industri, para klien tengah menghadapi tantangan organisasi terbesar sementara mereka bertransformasi secara digital. Hal ini paling terasa di dunia manufaktur, dimana janji manis Industry 4.0 tengah diimbangi dengan kompleksitas yang terus tumbuh dalam mewujudkan manufaktur digital.

“Melalui pengalaman kami mendukung beberapa organisasi terkemuka di dunia untuk bertransformasi secara digital, kami akrab dengan tantangan yang mereka hadapi dan bagaimana untuk mengatasinya. Paket solusi SAP menawarkan platform yang ideal untuk memberdayakan perubahan ini,” ujarnya dalam rilis yang diterima pada Kamis (15/9/2016).

Sebagai bagian dari proyek tersebut, paket solusi untuk mendukung model ini meliputi SAP S/4HANA sebagai inti digitalnya dengan solusi SAP Hybris dan SAP HANA Cloud Platform sebagai penyedia data secara real-time di aplikasi front-end dan back-end.

Capgemini dan SAP berencana untuk berinovasi dan berinvestasi dalam rangka mengembangkan aplikasi dan ekstensi baru di SAP HANA Cloud Platform, juga terlibat di dunia start-up dan vendor di dunia manufaktur untuk memberikan solusi mutakhir bagi para klien.

Selanjutnya, inisiatif tersebut bermaksud untuk membantu produsen membuat produk yang cerdas terhubung, aset dan operasi yang menawarkan potensi untuk mengurangi waktu pemasaran, meningkatkan produktivitas, menghemat biaya serta mengeksplorasi jalur pendapatan dan model bisnis baru.