CNI Ajak Masyarakat; Minum Coklat Setiap Hari

CNI Ajak Masyarakat; Minum Coklat Setiap Hari

Surabaya, Kabarindo- Menurut data UN Food & Agriculture Organization (FAO) 2012, Indonesia adalah penghasil kakao terbesar ke-2 di dunia setelah Pantai Gading di Afrika dengan produksi per tahun mencapai 936 ton.
 
Namun, besarnya produksi kakao ini tidak sejalan dengan tingkat konsumsi coklat di Indonesia yang hanya 300 gram/kapita per tahun. Karena itu, sejak 2012, pemerintah mencanangkan Hari Kakao Indonesia pada setiap 16 September. Tujuannya agar produksi kakao dan industri pengolahan kakao menjadi coklat dapat meningkatkan konsumsi coklat di Indonesia.
 
Head of Food & Beverage CNI, Francisca Ramli, mengatakan CNI ingin menyosialisasikan dan meningkatkan konsumsi coklat di masyarakat dengan mengadakan bermacam kegiatan seperti program minum coklat yang diselenggarakan setiap September, bersamaan dengan Hari Kakao Indonesia pada 16 September. Event ini akan dilaksanakan serentak di seluruh cabang CNI dan program minum coklat akan terus dilaksanakan hingga Desember nanti.
 
“Kami ingin meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya minum coklat dengan terus memberikan edukasi tentang manfaatnya. Mengonsumsi dua cangkir minuman cokelat setiap hari baik untuk kesehatan,” ujar Francisca pada Rabu (25/3/2015).
 
Banyak penelitian tentang manfaat mengonsumsi cokelat yang telah dilakukan di beberapa negara. Kandungan utama cokelat dapat mengurangi risiko penyakit jantung dengan meningkatkan HDL/lemak baik dan menurunkan LDL/lemak jahat. Kandungan Theobromine pada kakao dapat membantu menguatkan enamel gigi.
 
CNI juga mengenalkan Up Hot Dark Chocolate, minuman serbuk cokelat instan yang dibuat dari perpaduan coklat bubuk dark chocolate (jenis Red African Cocoa powder), gula, krimer nabati, susu skim dan ekstrak ginseng. Dark chocolate jenis Red African Cocoa Powder adalah jenis coklat yang diolah dari tanaman kakao Red African sehingga coklat yang dihasilkan mempunyai aroma yang harum, warna coklat pekat dan rasanya yummy.
 
Francisca menjelaskan, dark chocolate adalah jenis coklat yang mengandung kakao sebesar 70%, sisanya lemak coklat. Kandungan kakao-nya merupakan yang tertinggi dibandingkan dengan jenis white chocolate dan milk chocolate.
 
Dark Chocolate dapat membuat penglihatan lebih tajam. Kandungan flavanol-nya membantu meningkatkan daya ingat dan fungsi kognitif otak dengan cara menjaga sel-sel neuron otak dari kerusakan dan meningkatkan metabolisme struktur molekul otak yang bertanggung jawab terhadap daya ingat. Kandungan phenylethylamine pada dark chocolate melepaskan senyawa endhorpin yang akan memperngaruhi ketertarikan perasaan antara dua orang yang berbeda jenis kelamin.
 
Dark chocolate dapat dipadu susu skim yang rendah lemak sehingga rendah kalori. Ekstrak ginseng pada Up Hot Dark Chocolate akan meningkatkan stamina sehingga tubuh selalu fit. Dengan tubuh yang fit, maka suasana hati yang baik akan terjaga.
 
Untuk mendapatkan manfaat kesehatan dari cokelat secara maksimal, dianjurkan untuk mengonsumsi dark chocolate berupa minuman, bukan dalam bentuk batangan atau permen karena lebih banyak mengandung gula dan lemak, namun sedikit kandungan kakaonya.
 
Mengonsumsi 6,3 gram dark chocolate (30 kalori) setiap hari selama 18 minggu dapat meningkatkan kesehatan pembuluh darah, menurunkan tekanan darah tanpa menyebabkan peningkatan berat badan. Cokelat tidak akan menaikkan berat badan karena lemak pada cokelat adalah jenis asam lemak tak jenuh Oleat yang baik untuk kesehatan jantung dan asam lemak stearat atau dikenal sebagai asam lemak netral yang tidak akan meningkatkan kadar kolesterol darah.
 
Waktu yang tepat untuk mengonsumsi Up Hot Dark Chocolate:
1.      Pagi hari. Theobromine pada cokelat menghasilkan hormon serotonin yang akan membuat perasaan senang sehingga kita bisa lebih bersemangat mengawali aktivitas pada pagi hari.
2.      Mencari ide. Polifenol pada cokelat akan membantu meningkatkan fungsi kognitif sehingga memudahkan kerja otak untuk menghasilkan ide baru yang kreatif.
3.      Saat sedih. Phenylethylamine pada cokelat dapat meningkatkan kadar endorfin di otak yang akan menhasilkan dophamine, zat yang memberikan perasaan senang dan perbaikan suasana hati.
4.      Saat ingin rileks. Phenylethylamine pada cokelat juga mempunyai khasiat aphrodisiac yang akan membuat perasaan jadi lebih rileks.