Bupati Sorong; Jamin Beri Kemudahan Eksplorasi Migas

Bupati Sorong; Jamin Beri Kemudahan Eksplorasi Migas

Sorong, Papua Barat, Kabarindo- Bupati Sorong Stephanus Malak.

Ia menjamin seluruh investor yang ingin eksplorasi minyak dan gas di wilayahnya akan dipermudah pengurusan izin, sehingga tidak perlu menunggu lama untuk bisa memulai usaha.

"Kalau memang seluruh persyaratan sudah dipenuhi dan sudah ada izin dari pusat maka akan saya beri izin begitu surat permohonan diterima," kata Stephanus Malak kepada pers di Sorong, Papua Barat, Jumat.

Hal tersebut disampaikan usai berbicara dalam "workshop" kinerja industri hulu Migas yang diselenggarakan oleh KKS Migas dan delapan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) Migas.

Menurut dia, dirinya sangat paham betul bahwa sektor migas selama ini sudah memberikan kontribusi besar bagi Kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat, disamping merupakan pendapatan asli daerah (PAD).

Bupati mengakui bahwa wilayahnya selama ini sejak jaman penjajahan Belanda sudah dikenal dengan kekayaan minyak dan gas, sehingga banyak investor yang berminat menanamkan modal di Sorong.

Diakui, keberadaan tujuh Kontraktor Kontrak Kerja sama Sama (KKKS) Migas selama ini juga telah memberikan andil positif antara lain dengan tersedianya infrastruktur seperti jalan raya dan listrik, sehingga menumbungkembangkan perekonomian.

Untuk memudahkan investor eksplorasi, katanya, pihaknya sudah menyiapkan sejumlah aturan seperti surat keterangan bupati tentang standar pembayaran ganti rugi tanah serta tanaman tumbuh.

"Pemda juga ikut aktif dalam menyelesaikan masalah antara warga dengan investor agar saling menguntungkan," tuturnya.

Menurutnya, kalau ada investor yg akan eksplorasi migas di wilayahnya lama keluar izinnya, maka hal itu di pusat belum dikeluarkan.

"Pokoknya saya jamin sehari ditangan saya pasti ke luar jika memang semua persyaratan sudah dipenuhi," tukasnya.

Kepala Perwakilan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Papua dan Maluku Enrico CP Ngantung menngatakan, Bupati Sorong selama ini memang mudah dalam memberi izin bagi investor migas, dan dirinya tidak pernah mendengar adanya keluhan dari pengusaha.

"Memang bupati dalam memberikan izin mudah. Walaupun memang kendala yang ada masih ditemui seperti ada sengketa tanah dengan warga," ucapnya seperti dilansir dari laman antaranews.