Buah Lokal Awal Tahun; Makin Diminati Konsumen

Buah Lokal Awal Tahun; Makin Diminati Konsumen

Mamuju, Kabarindo- Harga penjualan pisang di pasaran Kota Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) mengalami kenaikan sejak sebulan terakhir karena permintaan konsumen tinggi.

Harga pisang dijual pedagang di pasaran Kota Mamuju, Kamis (15/1), mengalami kenaikan, dari sebelumnya Rp 5.000 per sisir, naik menjadi Rp 10.000 per sisir sejak sebulan terakhir.

Ani, salah seorang penjual pisang, mengatakan, harga pisang di pasaran naik karena permintaan konsumen yang tinggi.

"Kalau permintaan tinggi harga akan naik apalagi pisang di Mamuju banyak yang dipasarkan keluar daerah, karena harga jual di luar daerah tinggi," katanya.

Menurut dia, pisang di Mamuju banyak yang dijual keluar daerah dengan harga tinggi, sehingga persediaan pisang para pedagang setempat menjadi berkurang dan mengakibatkan harga pisang naik.

"Setiap harinya sejumlah truk mengangkut pisang dari Mamuju menuju Kalimantan menggunakan kapal feri, karena penjualan pisang menguntungkan," katanya lagi.

Kepala Kantor Ketahanan Pangan Provinsi Sulawesi Barat Suharnati sebelumnya mengatakan, pisang telah menjadi pangan lokal yang cukup diminati masyarakat daerah ini, sehingga harga jualnya terus mengalami kenaikan.

"Pemerintah Provinsi Sulbar akan mendukung masyarakat yang terus mengembangkan tanaman pisang karena merupakan pangan lokal yang bernilai jual tinggi, dan akan menghemat komsumsi pangan masyarakat sebagai pengganti beras, untuk meningkatkan ketahanan pangan di Sulbar," katanya pula seperti dilansir dari laman beritasatu.