Bregada Asem Gede; Asal Sleman Tampil Di TMII

Bregada Asem Gede; Asal Sleman Tampil Di TMII

Jakarta, Kabarindo- Bregada “Asem Gede” asal Dusun Krapyak Margoagung Seyegan Sleman DIY bakal tampil di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta dalam Festival Bregada Prajurit Tradisional Nusantara dalam rangka Pekan Wira Budaya yang diselenggarakan oleh Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Minggu 10 November 2013 lusa.

Bregada Asem Gede dibawah pimpinan Masimin ini akan menampilkan fragmen dengan judul “Ontran-ontran Bumi Tegalrejo”. Demikian dinyatakan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman Ir. AA Ayu Laksmidewi TP, MM, Jum’at 8 November 2013 di kantornya Jl. KRTPringgodiningrat No.13 Beran Tridadi Sleman DIY.

Ayu menambahkan bahwa bahwa keikutsertaan bregada Asem Gede dalam event tersebut mewakili DIY yang akan berlaga diantara 21 propinsi se Indonesia, yaitu DIY, Bali, Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, Aceh, Riau, Lampung, Jambi, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Sumatra Barat, Sumatra Selatan, DKI Jakarta, NTB, Gorontalo, Maluku, Sulawewi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Papua.

Fragmen Ontran-ontran Bumi Tegalrejo menggambarkan hubungan antara Belanda dan raja-raja di tanah Jawa, yang pada awalnya lebih bersifat kesetaraan mitra dagang, namun kemudian menjadi ketidaksetaraan antara abdi dan juragan. Hal ini mendapat penolakan yanag sangat keras dari Pangeran Diponegoro, putra sulung Sultan Hamengkubuwono II yang menolak dijadikan putra mahkota dan memilih tinggal di luar kraton, yakni di Tegalrejo.

Perlawanan Pangeran Diponegoro terhadap Belanda semakin membara ketika merasakan arogansi Belanda yang akan membangun jalan baru yang melewati makam leluhur dan tanah persawahan di Tegalrejo demi kepentingan Belanda dalam upaya mengeksploitasi kekayaan Pulau Jawa.

Dengan dibanti Alibasya Sentot Prawirodirjo, Paangeran Diponegoro menggelorakan semangat perjuangan dan perlawanan terhadap Belanda sampai dengan titik darah penghabisan.

Sementara itu saat dilakukan gladi bersih dan pelepasan bregada tersebut Rabu 6 November 2013 Bupati Sleman Drs. Sri Purnomo, M.Si mengharapkan agar bregada Asem Gede dapat tampil dengan prima dan menjaga kekompakan, karena keikutsertaannya membawa nama dan citra DIY di kancah nasional.