Bogor Siapkan Kecamatan; Jadi Miniatur Pemerintahan

Bogor Siapkan Kecamatan; Jadi Miniatur Pemerintahan

Cibinong, Kabarindo - Bupati Bogor, Jawa Barat, Rachmat Yasin.

Ia mengemukakan bahwa pihaknya menyiapkan setiap kecamatan di daerah itu menjadi miniatur pemerintahan.

"Pada tahun 2014 setiap kecamatan yang ada di Kabupaten Bogor akan menjadi miniatur mini pemerintahan, jadi segala sesuatu bisa langsung diurus oleh kecamatan," katanya di Cibinong, Selasa.

Dalam konteks miniatur pemerintahan itu, kata dia, maka Pemkab hendak mendelegasikan masalah pengurusan masalah seperti akta kelahiran, akta keluarga dan juga masalah keberangkatan haji, maka masyarakat tidak harus ke Ibu Kota Kabupaten Bogor di Cibinong.

"Jadi, untuk mengurus masalah-masalah seperti itu semuanya cukup dilakukan di setiap desa ataupun di kecamatan," katanya.

Dengan pendelegasian seperti itu, kata dia, akan memudahkan masyarakat ke depannya mengurus hal-hal terkait akta kelahiran, akta keluarga, dan juga masalah keberangkatan haji, yang selama ini harus diurus ke Cibinong.

Sementara itu, untuk masalah sosialisasi pelayanan administrasi terpadu kecamatan (Paten), kata dia, ke depannya Bupati Bogor akan mendelegasikan beberapa kebijakan yang akan langsung selesai di kecamatan.

"Karena ini akan memudahkan masyarakat untuk mengurus segala sesuatu seperti masalah perizinan," katanya seperti dilansir dari laman beritasatu.

Dengan demikian, katanya, masyarakat tidak perlu lagi datang jauh ke Cibinong untuk mengurus sesuatu, sehingga cukup di kecamatan setempat.