Bima Arya Sugiarto; Hari Ini Dilantik

Bima Arya Sugiarto; Hari Ini Dilantik

Bogor, Kabarindo- Pelantikan Wali Kota Bogor dan Wakil Wali Kota Bogor periode 2014-2019 Bima Arya Sugiarto dan Usmar Hariman, Senin (7/4) menjadi sejarah bagi masyarakat Kota Bogor, karena memiliki Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bogor yang baru.

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto dan Wakil Wali Kota Bogor Usmar Hariman dilantik oleh Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan.

Pelantikan berlangsung di Gedung DPRD Kota Bogor, Jalan Kapten Muslihat Bogor. Pelantikan dimulai pukul 10.00 WIB. Acara pelantikan diawali dengan Rapat Paripurna Istimewa Pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bogor dipimpin Ketua DPRD Kota Bogor Mufti Faoqi.

Setelah dibacakan Keputusan Menteri Dalam Negeri RI perihal pengangkatan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bogor, selanjutnya dilakukan pengambilan sumpah dan janji yang dipimpin oleh Gubernur Jawa Barat.

Bima dan Usmar bersumpah akan memenuhi kewajiban mereka sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bogor dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya. Juga bersumpah akan memegang teguh UUD 1945 dan menjalankan segala Undang-Undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya, serta berbakti kepada masyarakat, nusa dan bangsa.

Selanjutnya dilakukan penandatanganan Berita Acara Pengucapan Sumpah dan Janji, pemasangan tanda pangkat, penyematan tanda jabatan serta penyerahan Keputusan Menteri dalam Negeri kepada Wali Kota Bogor. Setelah itu Gubernur Jawa Barat membacakan kata-kata pelantikan.

Seremoni pelantikan dilanjutkan dengan penandatanganan Berita Acara Serah Terima Jabatan yang dilanjutkan dengan Penyerahan Memori Tugas Jabatan. Penandatangan yang dilakukan oleh Wali Kota Bogor sebelumnya Diani Budiarto dan Wakil Wali Kota Bogor Achmad Ru’yat periode 2009-2014.

Setelah acara pelantikan, dilanjutkan dengan pesta rakyat. Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bogor yang sudah resmi dilantik diarak menuju Plaza Balaikota Bogor. Arak-arakan diiringi tari-tarian Wayang Hihid dimulai dari pintu gerbang DPRD melalui Jalan Raya Kapten Muslihat. Arak-arakan kemudian berbelok ke kiri masuk ke Jalan Juanda menuju Plaza Balaikota Bogor.

Di tempat itu Wali Kota Bogor kelahiran Bogor, 17 Desember 1972 ini menyampaikan orasi perdananya sebagai Wali Kota baru.

Berbagai program digelontorkan Bima untuk merubah wajah Kota Bogor lebih baik dan manusiawi, diantaranya akan mereformasi birokrasi agar bisa melayani warga, menjadikan Bogor kota sejuta taman, membenahi masalah transportasi, sampah, dan perizinan. Bima juga menyerukan anti diskriminasi suku, agama, ras dan antar golongan, serta mengupayakan warga Bogor mendapatkan haknya.

Sekitar 2000 undangan hadir pada acara tersebut. Undangan terbagi atas tiga lokasi, 400 undangan di Gedung DPRD, 1100 undangan di halaman Gedung DPRD, dan sisanya di halaman Plaza Balaikota. Acara berlangsung merakyat, karena saat Wali Kota lulusan Unpar Bandung, dan alumni S3 Universitas Nasional Australia menyampaikan orasi di halaman Plaza Balaikota, berlangsung dengan lesehan.

Acara juga berlangsung meriah karena dihadiri sejumlah menteri dan pejabat, artis, dan tokoh lintas iman.

Pasangan Bima Arya-Usmar Hariman memenangi pemilihan kepala daerah Kota Bogor pada September 2013 dengan perolehan suara132.835 atau 33,14 % atas pasangan Achmad Ru’yat Aim Halim Hermana dengan 131.060 atau 32,70 % suara. Pasangan yang diusung PAN, Partai Demokrat, PBB, PKB dan Gerindra ini unggul 1.755 suara atau 0,44 % atas pasangan incumbent Ru’yat Aim yang diusung PKS, PPP dan Hanura. Urutan ketuga ditempati pasangan Dodi - Untung yang diusung PDIP, Golkar dan PKPI dengan 67.715 suara. Dua calon lain dari jalur independen menempati urutan keempat dan kelima masing masing Syaiful Anwar-Muztahidin, dan Firman Halim - Gartono.