Bengkulu; Jadi Tuan Rumah HPN 2014 Mendatang

Bengkulu; Jadi Tuan Rumah HPN 2014 Mendatang

Bengkulu, Kabarindo- Pemprov Bengkulu telah menyiapkan sebanyak 2.000 kamar untuk tamu yang akan menghadiri puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) pada 9 Februari tahun 2014 di daerah ini.

"Kalau soal penginapan para tamu peserta HPN 2014 di Bengkulu tidak ada masalah lagi karena panitia telah menyiapkan sekitar 2.000 kamar untuk menampung tamu dari 33 provinsi di Tanah Air tersebut," kata Ketua PWI Cabang Bengkulu Soekatno kepada SP, di Bengkulu, Kamis (17/10).

Ia mengatakan, kamar tamu peserta HPN 2014 yang telah disiapkan itu, tersebar di sejumlah hotel yang ada di Bengkulu, termasuk mes pemprov setempat. "Kami jamin para tamu HPN 2014 yang datang ke Bengkulu nanti dipastikan dapat kamar. Kami berupayakan menjadi tuan rumah HPN yang sukses," ujarnya.

Soekatno mengatakan, secara keseluruhan persiapan HPN 2014 di Bengkulu, sampai sekarang sudah rampung 85 persen. Sebab, segala sesuatu yang terkait dengan HPN telah dipersiapkan oleh Pemprov Bengkulu, dan pihak terkait lainnya di daerah ini, termasuk rencana pembangunan tugu pers sudah dipersiapkan.

"Jadi, meski kalangan pers di Bengkulu tidak terlalu dilibatkan Pemprov Bengkulu dalam persiapan HPN, tapi kita bersyukur panitia yang dibentuk pemprov sudah berjalan sesuai yang kita harapkan," ujarnya.

Sementara itu, sejumlah anggota PWI Bengkulu yang terlibat di kepanitian HPN 2014 mengaku justru sebaliknya tidak mengetahui persis sejauh mana persiapan HPN yang sudah dilakukan panitia. Pasalnya, mereka tidak pernah diajak rapat oleh panitia HPN setempat.

"Terus terang sampai sekarang saya tidak tahu tugas dan peran seksi dalam acara HPN di daerah ini karena sampai sekarang seksi tidak pernah rapat. Jadi, saya tidak tahu apa yang akan diperbuat," kata seorang anggota PWI Bengkulu yang masuk dalam kepanitiaan HPN di seksi hubungan antarlembaga itu.

Ia mengaku, ketua seksi antarlembaga HPN 2014 Bengkulu kebetulan menjabat sebagai Kepala Perwakilan Pemprov Bengkulu di Jakarta. "Jadi, tugas di Jakarta sehingga wajar kalau seksinya tidak pernah menggelar rapat persiapan untuk menghadapi HPN," ujarnya.

Hal senada diungkapkan anggota PWI Bengkulu lainnya. Ia mengaku, hampir sebagian besar seksi kepanitiaan HPN Bengkulu, sampai sekarang tidak pernah menggelar rapat untuk membahas tugas dan peran dari seksi tersebut. "Setahu saya seksi kami sampai sekarang belum pernah rapat. Apa memang saya tidak diundang rapat? Tapi setahu saya seperti itu," ujarnya.

Meski demikian, dia tidak mempermasalah dilibatkan atau tidak pada HPN 2014 di Bengkulu. "Tapi momen HPN 2014 di Bengkulu benar-benar dimanfaatkan Pemprov Bengkulu untuk mencari dana pembangunan dari APBN sebanyak Rp 7 triliun," ujarnya.

Berbagai jenis rencana proyek yang mengambinghitamkan kepentingan rakyat Bengkulu, telah dibuat usulan kebutuhan danaya oleh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di jajaran Pemprov Bengkulu, sehingga target mendapatkan dana APBN dari menjadi tuan rumah HPN sebesar Rp 7 triliun dapat direalisasikan.

"Jadi, HPN di Bengkulu kali ini benar-benar di manfaatkan Pemprov Bengkulu untuk mendapatkan dana pembangunan bersumber dari APBN dari Pemerintah Pusat," ujarnya seperti dilansir dari laman beritasatu.