Belajar Bahasa Jepang; Makin Mudah Berkat Si Erin Gadis SMA

Belajar Bahasa Jepang; Makin Mudah Berkat Si Erin Gadis SMA

Jakarta, Kabarindo- Dewasa ini sudah semakin sedikit alasan untuk mengelak dari tudingan tidak bisa berbahasa asing. Kamus bahasa asing tersedia, buku belajar bahasa asing ada, lembaga kursus terus tumbuh, dan belajar bahasa otodidak di depan layar komputer pun kini bukan sesuatu yang mustahil.

Begitu juga halnya jika tidak bisa berbahasa Jepang karena sekarang sudah ada program  "Erin's Challenge! I can speak Japanese" yang dipersembahkan oleh The Japan Foundation. Erin's Challenge! yang berbasis di alamat website Erin.ne.jp menyediakan pembelajaran bahasa Jepang mulai dari level dasar.

Hadir dalam bahasa Indonesia, Erin's Challenge! menyediakan 25 pelajaran gratis yang masing-masing punya tujuh sesi: Lakon Dasar, Lakon Terapan, Coba Kita Lakukan, Coba Kita Lihat, Ungkapan Penting, Ini Apa?, dan Memperkaya Perbendaharaan Kata.

Sebagai contoh, pada pelajaran 1, dalam sesi lakon dasar pengguna diajarkan cara memperkenalkan diri. Kemudian dalam lakon terapan, meningkat menjadi cara berinteraksi dengan kenalan baru. Sedangkan dalam ini apa? ditunjukkan beberapa barang untuk dihapalkan namanya.

Agar tak membosankan The Japan Foundation memasukkan banyak video dan komik dalam tiap sesi pembelajaran. Diciptakan pula tokoh Erin si gadis SMA, Hanigon makhluk lucu teman Erin, dan robot N21-J untuk menciptakan interaksi yang menarik.

Dalam video yang ditayangkan, pengguna bisa memilih mode subtitle yang ada. Apakah memakai kanji, hiragana dan katakana, atau huruf romawi semua terserah pengguna. Jika punya jiwa kompetitif, pengguna bisa melakukan registrasi untuk kemudian dicatat perkembangan belajarnya dengan sistem poin. Erin's Challenge! selanjutnya akan menampilkan peringkat para pengguna.

Singkatnya, dengan Erin's Challenge! pengguna bisa belajar bahasa Jepang mulai dari mendengar, mengucapkan, hingga membaca aksara Jepang (hiragana, katakana, dan kanji) yang kerap dipersepsikan susah dipahami. Dan yang tak kalah penting, semua bisa dinikmati secara gratis tanpa pungutan biaya serupiahpun seperti dilansir dari laman beritasatu.