Bawang Super Mentah; Bermanfaat Bagi Perokok

Bawang Super Mentah; Bermanfaat Bagi Perokok

Jakarta, Kabarindo- Sudah lama diketahui jika aroma bawang putih bagi sebagian orang tidak bersahabat.

Namun tunggu dulu, bicara tentang manfaat bahan makanan satu ini ternyata efektif mencegah kanker.

Merujuk hasil penelitian terbaru mengungkapkan bahwa mengkonsumsi bawang putih mentah dapat menurunkan hampir separuh dari kemungkinan seseorang tertular kanker paru-paru.

"Pria dan wanita yang teratur makan bahan kuliner ini, mampu mengurangi 44 persen kemungkinan menderita  penyakit ini," ungkap para peneliti di Jiangsu Center for Disease Control and Prevention di China, seperti dilansir redorbit dan jpnn.

Selain itu, perokok juga diuntungkan dari rejimen bawang putih. Dimana berdasar penelitian itu, risiko tertular kanker paru-paru pada perokok mampu dikurangi hingga sekitar 30 persen.

Lebih lanjut dijelaskan, ada unsur kimia penting yang diduga berperan yang terkandung dalam bawang putih, yang dikenal sebagai allicin. Senyawa Allicin adalah senyawa organosulfur yang dikeluarkan setelah bawang putih mentah dipotong atau dihancurkan.

Senyawa ini diyakini mampu mengurangi peradangan dan bertindak sebagai antioksidan untuk membatasi kerusakan sel-sel tubuh dari radikal bebas.

Dalam studi ini para ilmuwan menganalisis informasi lebih dari 1.400 pasien kanker paru-paru dan 4.500 orang dewasa sehat yang telah dikumpulkan sejak tahun 2003 dan 2010. Masing-masing individu ditanya tentang kebiasaan makan dan gaya hidup mereka secara keseluruhan, termasuk seberapa sering mereka mengkonsumsi bawang putih dan apakah merokok atau tidak.

"Sebuah studi sebelumnya di University of South Australia menyimpulkan bahwa bawang putih bisa menurunkan risiko tumor usus," lanjutnya.

Sementara studi lain telah menemukan bahwa bawang putih dapat membantu menekan influenza dan membantu mencegah peradangan. Meskipun banyak studi telah menyoroti manfaat kesehatan tertentu dari makan bawang putih mentah, mereka belum menentukan apakah bawang putih yang telah dimasak mungkin memiliki kemampuan yang sama.