Banyuwangi; Siap Gelar International Tour De Banyuwangi Ijen

Banyuwangi; Siap Gelar International Tour De Banyuwangi Ijen

Banyuwangi, Kabarindo- Masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi bersiap menyambut kemeriahan event "International Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI)" yang dimulai Kamis (16/10) hingga Minggu (19/10).

Kemeriahan menjelang acara tahunan yang keempat ini tampak di seluruh wilayah kabupaten paling timur Pulau Jawa ini, terutama di sejumlah wilayah yang akan dilewati empat etape tur. ITdBI merupakan even olahraga wisata yang masuk dalam agenda Banyuwangi Festival, yang tidak lain merupakan ajang pariwisata kabupaten berjuluk The Sunrise of Java itu.

Kepala Dinas Kebudayaan & Pariwisata, Kabupaten Banyuwangi, MY Bramuda yang ditemui di Banyuwangi, Selasa (14/10) mengatakan ITdBI tahun ini menempuh empat etape dengan jarak total 622 kilometer dan melewati 24 kecamatan di Banyuwangi.

"Ada 14 tim dari luar negeri dan 6 tim lokal yang mengikuti tur tahun ini yang melibatkan pembalap dari 20 negara. Tim-tim besar yang pernah menjuarai beberapa event internasional sudah komit ikut di sini. Ini kesempatan bagus untuk terus mempromosikan potensi wisata di Kabupaten Bayuwangi ini," terang pria yang akrab disapa Bram ini.

Lebih lanjut Bram mengatakan, kegiatan balap sepeda yang dipadu kegiatan wisata ini akan menjadi agenda rutin setiap tahun yang digelar antara bulan Oktober atau November. Kepastian tanggal kegiatan disesuaikan dengan agenda resmi Persatuan Balap Sepeda Internasional Internasional (Union Cycliste Internationale/UCI). "Kepastian acaranya disesuaikan dengan agenda UCI, karena Tour de Ijen ini sudah masuk agenda internasional," lanjut Bram.

Kehadiran tim-tim internasional yang meramaikan "Tour de Ijen" sangat membanggakan karena hampir bersamaan juga digelar event yang sama di Jepang dan Tiongkok. Daya tarik wisata alam dan wisata Banyuwangi, menurut Bram, membuat beberapa tim membatalkan keiikutsertaan pada event yang digelar di Tiongkok maupun Jepang.

Adapun tim internasional yang akan berkompetisi dalam "Tour de Ijen", antara lain Aisan Racing Team (Jepang), Tabriz Petrochemical Team, Pishgaman Yazd Cycling Team (Iran), Matrix Powertag (Jepang), Singha Infinite Cycling Team (Thailand), TSR Continental Team (Iran), Pegasus Continental Cycling (Indonesia), dan Team 7 Eleven Road Bike Philippines (Filipina). Sedangkan tim nasional negara yang ikut berpartisipasi, antara lain Malaysia National Team dan Denmark National Team seperti dilansir dari laman beritasatu.