Bank Ekonomi Gandeng WWF Indonesia; Laksanakan Revive the Reef

Bank Ekonomi Gandeng WWF Indonesia; Laksanakan Revive the Reef

Surabaya, Kabarindo- Bertepatan dengan ulang tahun ke-25 pada 8 Maret lalu, Bank Ekonomi bersama WWF Indonesia melaksanakan program konservasi terumbu karang Revive the Reef.
 
Aksi ini merupakan salah satu bentuk komitmen panjang Bank Ekonomi untuk berkontribusi dalam kegiatan sosial kemasyarakatan (Corporate Social Responsibility/CSR).
 
Revive the Reef mengajak masyarakat untuk peduli terhadap pengelolaan sumber daya alam laut guna mewujudkan pembangunan berkelanjutan di Pulau Badul, Ujung Kulon, Banten. Kegiatan dilaksanakan dengan menanam kembali 2.500 terumbu karang di sekitar Pulau Badul yang melibatkan masyarakat setempat.

Tony Turner, Direktur Utama Bank Ekonomi, mengatakan Revive the Reef sejalan dengan misi Bank Ekonomi untuk tumbuh seiring dengan peningkatan perekonomian masyarakat.  Juga untuk memperkuat komitmen dan kemitraan yang sinergis dan harmonis melalui kerja sama dengan WWF Indonesia.
 
“Diharapkan program ini dapat menjadi salah satu langkah strategis untuk mempererat kerja sama sektoral terkait upaya konservasi perairan dan seluruh biota laut yang menghuninya, karena laut tidak hanya menjadi media transportasi, tetapi juga salah satu sumber pangan manusia yang mengandung nutrisi tinggi,” ujarnya dalam rilis yang diterima pada Senin (16/3/2015).

Saat ini laut Nusantara menghadapi ancaman kelestarian akibat aktivitas perikanan yang tidak mengindahkan prinsip-prinsip keberlanjutan. Semakin banyak wilayah yang mulai kehilangan kekayaan terumbu karang, padahal terumbu karang memiliki fungsi integral sebagai rumah ikan dan kehidupan laut lainnya, yaitu untuk tinggal, makan dan berkembang biak. Diprediksi dalam beberapa tahun mendatang,  masyarakat Indonesia akan mulai merasakan berkurangnya ketersediaan pangan. Ancaman lain datang dari perubahan iklim yang berdampak terhadap perubahan suhu di laut yang mengakibatkan sejumlah terumbu karang mati.

Devy Suradji, Direktur Marketing WWF Indonesia, mengapresiasi kegiatan tersebut.

“Kami menyambut baik inisiatif mitra korporasi dalam mendukung upaya rehabilitasi terumbu karang di kawasan Ujung Kulon. Keterlibatan para relawan yang merupakan karyawan Bank Ekonomi merupakan langkah pionir untuk dicontoh oleh rekan korporasi lain,” ujarnya.
 
Dalam pelaksanaan kegiatan CSR, Bank Ekonomi selalu berpegang pada aspek keberlanjutan (sustainability) yang dijalankan dalam program kemasyarakatan (community investment). Fokus utama kegiatan CSR bank ini adalah pendidikan, lingkungan dan kesejahteraan sosial yang melibatkan karyawan dalam setiap pelaksanaan program. Hal ini terlihat pada antusiasme mereka yang terjun langsung sebagai relawan dalam kegiatan Revive the Reef.