Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II; Jadi Pelabuhan Udara Tersehat

Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II; Jadi Pelabuhan Udara Tersehat

TANGERANG, Kabarindo– PT Angkasa Pura II kembali meraih penghargaan setelah salah satu bandara yang dikelolanya yakni Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II di Palembang, Sumatra Selatan, ditetapkan sebagai Pelabuhan Udara Tersehat di Indonesia oleh Kementerian Kesehatan.

GM Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Eko Diantoro mengatakan Kementerian Kesehatan melakukan berbagai macam penilaian sebelum memberikan penghargaan yang diserahkan langsung oleh Menkes Nafsiah Mboi pada Jumat, 15 November 2013.

Kriteria yang dinilai oleh Kementerian Kesehatan diantaranya adalah bagaimana Sultan Mahmud Badaruddin II mengelola sampah dari pesawat maupun sampah yang ada di bandara.

“Selain itu, Kementerian Kesehatan juga menilai beberapa hal seperti kebersihan toilet, kondisi Kantor Kesehatan Pelabuhan, dan bagaimana kami menangani pengangkutan sampah dari bandara ke tempat pembuangan akhir. Tidak hanya itu, mereka juga menilai kesehatan makanan dan minuman dari restoran-restoran yang ada di bandara,” jelas Eko.

Ke depannya, papar Eko, pihaknya akan mewajibkan agar restoran yang ada di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II harus mendapat Sertifikat Sehat dari Kantor Kesehatan Pelabuhan.

Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II juga aktif dalam mengkampanyekan larangan merokok di tempat dilarang merokok.

“Petugas kami akan menghampiri perokok untuk dengan ramah meminta rokoknya dimatikan jika berada di kawasan dilarang merokok,” kata Eko.

Eko menuturkan pihaknya juga melakukan penghijauan dengan menanam pohon yang tidak mengundang burung di sekitar lingkungan bandara guna membuat udara lebih sehat.

Sepanjang Januari-September 2013 jumlah pergerakan penumpang rute domestik di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II tercatat sebanyak 1,89 juta penumpang, sementara itu untuk rute internasional tercatat 76.615 penumpang.

Direktur Operasi PT Angkasa Pura II Endang Sumiarsa mengatakan prestasi yang diraih Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II ini diharapkan dapat memicu bandara-bandara lain di lingkungan AP II supaya juga bisa meraih gelar Pelabuhan Udara Tersehat di Indonesia dari Kementerian Kesehatan.

“Saya mengucapkan selamat kepada jajaran manajemen Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, ini menggambarkan bahwa bandara-bandara di lingkungan AP II memenuhi standar kesehatan. Harapan saya semoga bandara-bandara lain di lingkungan AP II juga bisa meraih penghargaan dari Kementerian Kesehatan ini,” papar Endang seperti rilis yang diterima redaksi.