Baidu Indonesia; Gandeng Convergence Ventures

Baidu Indonesia; Gandeng Convergence Ventures

Surabaya, Kabarindo – Baidu Indonesia menjalin kerja sama strategis dengan Convergence Ventures yang meliputi investasi dan dukungan strategis bagi startup di bawah naungan Convergence Ventures serta mentoring.
 
Kerja sama ini merupakan bagian dari Program Grow Local Go Global! (GLGG) yang diluncurkan oleh Baidu Indonesia pada September 2015. Tujuannya mengembangkan industri kreatif digital di Indonesia dengan memberikan dukungan bagi startup dan para pengembang aplikasi lokal serta membuka akses bagi aplikasi dan produk digital asal Indonesia untuk memasuki pasar internasional.
 
Dalam kerja sama strategis ini, Convergence Ventures akan menyediakan wawasan yang luas mengenai industri digital di Indonesia serta riset pasar yang akan berguna bagi kedua belah pihak untuk bersama membangun ekosistem startup digital yang lebih baik di tanah Air.
 
Di sisi lain, Baidu akan menyediakan marketing resources, tenaga ahli di bidang teknologi untuk memberikan mentoring dan dukungan teknis, serta peluang investasi bagi startup dengan portofolio terbaik. Baidu Indonesia dan Convergence Ventures juga akan menyediakan co-working space bagi startup untuk mendukung mereka dalam tahap awal pengembangan aplikasi dan produk digital mereka.
 
“Baidu sedang bertransformasi dari perusahaan yang menghubungkan orang dengan informasi menjadi perusahaan yang menghubungkan orang dengan layanan jasa. Bisnis O2O (online to offline) merupakan implementasi dari menghubungkan orang dengan layanan jasa,” ujar Bao Jianlei, Direktur Baidu Indonesia Convergence Ventures, dalam rilis yang diterima pada Senin (16/11/2015).
 
Ia menambahkan, Convergence Ventures memiliki pengalaman dan wawasan luas mengenai ekosistem startup di Indonesia. Mereka juga memiliki fokus yang sama dengan Baidu di area bisnis O2O dan telah cukup sukses dalam memberikan pendanaan bagi beberapa startup lokal yang berpotensi. Pihaknya yakin dengan kerja sama ini, Baidu Indonesia dapat mewujudkan salah satu targetnya untuk menumbuhkan ekosistem digital di Indonesia, terutama dalam menjaring startups lokal terbaik.
 
Convergence Ventures merupakan pemodal ventura asal Indonesia yang fokus memberikan pendanaan bagi startup lokal dan menyediakan platform dukungan finansial untuk memperkuat wirausaha dalam mengembangkan bisnis mereka. Convergence Ventures tercatat sebagai salah satu pemodal ventura yang paling aktif di Indonesia. Beberapa startup lokal yang didanainya antara lain Qraved, Female Daily, Indotrading, Yes Boss dan Adskom.
 
“Sebagai perusahaan teknologi global, Baidu dikenal memiliki pengalaman dan keahlian di bidang pengembangan teknologi dan distribusi pemasaran. Dukungan kuat dari Baidu juga akan memberikan manfaat yang luas bagi pertumbuhan ekosistem digital di Indonesia, terutama bagi startup dan para pengembang aplikasi lokal yang ingin berkembang di dalam maupun di luar Indonesia,” ujar Adrian Li, pendiri Convergence Ventures.