BSM Bersama JIEP; Inisiasi Modern Halal Food

BSM Bersama JIEP; Inisiasi Modern Halal Food

Jakarta, Kabarindo- PT Bank Syariah Mandiri (BSM) bekerjasama dengan PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP) membangun Modern Halal Food di kawasan industry Pulo Gadung Jakarta.

Pembangunan JIEP Modern Halal Food ini menyusul ditandatanganinya nota kesepahaman mengenai hal serupa pada bulan Juli silam.

JIEP adalah kawasan industry di daerah Pulo Gadung yang berdiri sekitar 300 pabrik. Di wilayah tersebut, belum tersedia area pusat makanan yang bersih dan nyaman. Para pekerjanya, selama ini hanya mengandalkan pedagang kaki lima.

Kehadiran pusat makanan halal dan modern akan memudahkan akses pegawai di areal JIEP terhadap makanan bersih sehat dan halal. Apalagi kawasan ini juga akan mengakomodasi para pedagang yang sebelumnya telah hadir di kawasan JIEP..‎

‘’Kami sangat mendukung program pusat kuliner halal karena memang ini salah satu concern kami,’’ kata Direktur Utama BSM Agus Sudiarto dalam keterangan tertulis yang diterima Investor Daily, Senin (17/8).

‎Agus mengungkapkan, kepedulian BSM terhadap pengembangan pusat kuliner halal diwujudkan dalam kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibility/CSR).

Sebelumnya, BSM telah mengembangkan kawasan kuliner Kampung Lima yang berlokasi di samping kantor pusat BSM, dan bekerjasama dengan Pemerintah Kota Bogor untuk mengembangkan pusat kuliner halal di daerah tersebut.

"Ini menjadi yang ketiga,’’ katanya.

Selain memberikan akses makanan halal kepada pekerja BSM juga memberikan akses kepada pedagang untuk memgembangkan usahanya.

Pedagang yang kekurangan modal akan dibantu melalui pembiayaan mikro atau pembiayaan modal tanpa margin yang bekerjasama dengan Lembaga Zakat BSM. Sehingga para pedagang bisa berjualan di lokasi yang bersih, nyaman dan modern sehingga akses pengunjung bertambah.

Potensi pasar makanan halal di Indonesia menurut Agus, cukup besar. Pasalnya, Indonesia merupakan salah satu pasar makanan halal terbesar di dunia dengan jumlah penduduk Muslim mencapai 205 juta jiwa. Pasar industri halal di Indonesia menurut penelitian global Islamic economy mencapai US$190,4 miliar.

‘’Seiring kebangkitan kelas menengah Muslim, pasar halal food di Indonesia juga meningkat,’’ kata Agus seperti dilansir dari laman beritasatu.