BPKP Tingkatkan Kemampuan Calistung; Untuk Siswa Papua

BPKP Tingkatkan Kemampuan Calistung; Untuk Siswa Papua

Surabaya, Kabarindo- Buku Paket Kontekstual Papua (BPKP) yang digunakan para guru dalam pembelajaran telah berhasil membuat siswa SD kelas 1, 2 dan 3 mampu membaca, menulis dan berhitung.
 
Menurut Andrew Sisson, Direktur Misi Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID), kemampuan dasar tersebut penting dimiliki siswa Papua untuk mengembangkan potensi dalam mencapai keberhasilan.
 
Sekolah yang menggunakan BPKP mendapatkan bantuan pelatihan dan pendampingan program USAID Prioritizing Reform, Innovation and Opportunities for Reaching Indonesia’s Teacher, Administrators and Students (PRIORITAS) yang bekerja sama dengan dua lembaga local yaitu Yayasan Kristen Wamena (YKW) dan Yayasan Sosial untuk Masyarakat Terpencil (Yasumat).
 
Sebanyak 45 sekolah di Kabupaten Jayawijaya dan Kabupaten Yahukimo telah mendapatkan pelatihan dan pendampingan pembelajaran untuk guru, kepala sekolah, komite sekolah dan siswa guna menghadapi tantangan utama dalam meningkatkan kemampuan guru dalam mengajar.
 
"USAID membantu sekolah dasar di Kabupaten Jayawijaya dan Yahukimo agar siswa mendapatkan akses pendidikan yang berkualitas sesuai konteks di Papua," ujar Sisson pada Minggu (1/3/3015). Ia melakukan lawatan ke sekolah-sekolah di Wamena, Jayawijaya, Papua, pada Jumat 27 Februari.
 
Program USAID PRIORITAS di Papua, merupakan bagian dari bantuan senilai 83,7 juta dolar AS untuk meningkatkan akses pendidikan dasar di Indonesia. Selama dua tahun (2014-2016) program USAID PRIORITAS akan memfasilitasi para guru sekolah dasar untuk mampu menyampaikan pembelajaran yang sesuai konteks Papua, khususnya dalam peningkatan kemampuan siswa sekolah dasar dalam membaca, menulis dan berhitung.
 
Para guru dilatih dan didampingi dalam menggunakan BPKP yang disusun sesuai dengan kurikulum nasional dan telah direkomendasikan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Papua untuk digunakan di seluruh Papua.
 
”Buku ini sudah diimplementasikan di sekolah-sekolah di Kabupaten Jayawijaya dan Yahukimo. Hasilnya sangat efektif untuk membantu siswa meningkatkan kemampuan membaca, menulis dan berhitung,” kata Radja Doly Koordinator Program USAID PRIORITAS-YKW.
 
Kepala Dinas Pendidikan dan Pengajaran Kabupaten Jayawijaya, Papua, Murjono Murib, mengatakan program tersebut sejalan dengan program badan yang dipimpinnya untuk memperbaiki pola pembelajaran di sekolah dasar, terutama dalam calistung.
 
”Kurangnya keterampilan guru dalam mengajar dan banyaknya guru yang mangkir dari tugas menjadi hambatan terbesar kami. Program USAID PRIORITAS dapat membantu meningkatkan kapasitas mengajar guru dan murid dapat belajar dengan lebih baik di kelas,” ujarnya.